PPP - Demokrat Berlomba Menuju Pilkada Sumenep

avatar abadinews.id

Sumenep - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Demokrat mulai ancang-ancang melakukan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati (bacabup-bacawabup). seakan tak mau kalah dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang sudah melangkah lebih dulu.


Sekretaris DPC PPP Sumenep Sukri menyampaikan, penjaringan baru akan dilakukan setelah rapat koordinasi wilayah (rakorwil) DPW PPP Jawa Timur (Jatim). ”Ini menunggu rakorwil dulu,” ujarnya kemarin (3/11/2019).

Baca Juga: Pecat Tanpa Alasan, Kades Aeng Tong-tong Ditetapkan Tersangka

Sebagai partai peraih 7 kursi di DPRD Sumenep, DPC PPP menargetkan untuk mengutus kader terbaiknya di posisi nomor 1 alias bacabup. Menurut dia, ketua DPC PPP Sumenep Moh. Shalahuddin A. Warits sampai saat ini dianggap layak memimpin Kota Keris lima tahun ke depan.

”Partai mana pun ingin kader terbaik yang menjadi pimpinan kepala daerah. PPP memiliki ketua yang sudah memiliki kapabilitas, dan kita akan perjuangkan itu,” kata Sukri.

PPP sudah menjalin komunikasi dengan parpol lain untuk memenuhi administratif. Sebab, PPP hanya membutuhkan sokongan 3 kursi saja di parlemen.

Baca Juga: Polres Sumenep Tindak Tegas Dua Pelaku Kerusuhan Pilkades

”mengenai partai apa yang sedang menjalin komunikasi dangan PPP, belum bisa kami sampaikan ke publik, tapi kalau sudah ada deklarasi dan rekom, akan segera kami sampaikan ke publik,” janji anggota DPRD Sumenep itu.

Sementara itu, Ketua DPC Demokrat Sumenep Soengkono Sidik menegaskan, tidak lama lagi partainya juga akan melakukan penjaringan bacabup dan bacawabup. Sejauh ini pihaknya masih menunggu petunjuk teknis (juknis) pembukaan pendaftaran bagi bacabup-bacawabup dari DPW Demokrat Jatim. ”Insyaallah minggu depan ini akan turun (juknisnya, Red),” tuturnya.

Mantan wakil bupati Semenep itu tidak tahu-menahu tentang persyaratan yang harus dilengkapi setiap bacabup dan bacawabup jika ingin berangkat dari Demokrat. ”Kami belum berani melangkah jika belum ada petunjuk dari Jatim. Karena nanti juga akan ada apa syarat-syaratnya,” terangnya.

Baca Juga: Jelang Maulid Permintaan Buah Meningkat, Hargapun Meroket

Soengkono mengaku parpolnya saat ini tengah menjalin komunikasi dengan dua partai lain perihal Pilkada Sumenep. Namun, dia enggan menyebut partai yang dimaksud. ”Sudah ada dua partai yang datang dan menjalin komunikasi,” imbuhnya.

Pihaknya akan realistis dalam Pilkada 2020 nanti. Yang akan diusung tentunya disesuaikan dengah sosok yang punya elektabilitas tinggi. ”Bergantung hasil survei. Kalau bisa di nomor satu. Kalau tidak, di posisi dua,” pungkasnya.

Editor : Redaksi

abadinews.id horizontal

Berita Lainnya

abadinews.id horizontal