Perhutani Probolinggo Sambut HMPI, Siaran di Radio Suara Lumajang

Perhutani Probolinggo Sambut HMPI, Siaran di Radio Suara Lumajang

Perhutani KPH Probolinggo siaran di suara Lumajang sambut HMPI

Abadinews.id, Lumajang - Wakil Administratur Perhutani Sub Kesatuan Pemangkuan Hutan (KSKPH) Lumajang Januar Suhartono melakukan dialog interaktif bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang Dra. Hartutik, Msi., dan Camat Ranuyoso Masruhin, S.Sos., di Studio Radio Suara Lumajang, Jum’at (24/11).

Dalam dialog interaktif tersebut membahas tentang rencana akan dilaksanakannya kegiatan menanam pohon bersama dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 November 2023 di Randu Pinus Desa Ranuyoso Kecamatan Ranuyoso dan menyongsong Hari Jadi Kabupaten Lumajang yang ke 768.

Dalam acara yang dipandu reporter Suara Lumajang Ajeng, Wakil Administratur Sub Kesatuan Pemangkuan Hutan (KSKPH) Lumajang Januar Suhartono menyampaikan, terima kasih karena bersinergi bersama-sama melestarikan hutan.

"Melestarikan hutan bukan hanya tanggung jawab Perhutani tetapi juga merupakan tanggungjawab bersama, baik dinas terkait, stackholder, masyarakat pegiat lingkungan, tokoh masyarakat, pelajar dan masyarakat sekitar hutan," tuturnya.

Lebih lanjut Januar Suhartono menyampaikan bahwa hutan mempunyai beberapa manfaat diantaranya bisa disingkat dengan 3E yaitu Ekologi, Ekonomi dan Edukasi.

Secara ekologi bahwa hutan sebagai sumber oksigen, cadangan air, pecegah longsor dan banjir, habitat satwa dan sebagai sumber keanekaragaman hayati.

"Kemudian secara ekonomi hutan dapat menghasilkan produk lokal dan secara Edukasi bisa melatih anak-anak sejak dini dengan mencintai lingkungan dan alam,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang Dra. Hartutik, menyampaikan, bahwa kegiatan menanam pohon merupakan cara untuk melestarikan hutan secara bekelanjutan.

"Dipilihnya lokasi penanaman di Ranuyoso karena dekat dengan sumber mata air yang mempunyai peran penting bagi keberlangsungan makhluk hidup dan masyarakat sekitar hutan," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Camat Ranuyoso Masruhin, merasa senang karena lokasi yang dipilih untuk penanaman adalah Dusun Randu Pinus Desa Ranuyoso Kecamatan Ranuyoso, karena daerah ini merupakan daerah sumber mata air yang selama ini belum maksimal sehingga warga sekitar kesulitan air bersih.

Dengan adanya program penghijauan dan penanaman pohon ini semoga kedepan daerah ini bisa menjadi destinasi wisata sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, urainya.

Pada akhir acara, Wakil Administratur Perhutani (KSKPH) Lumajang Januar Suhartono mengajak untuk bersama-sama menghijaukan bumi Lumajang.

"Mari bersama-sama kita sepakat menghijaukan bumi Lumajang ijo royo-royo melalui sumbangsih sekecil apapun mulai menanam 1 pohon akan memberikan kita sumber oksigen, melestarikan sumber mata air dan memberikan habitat pada satwa liar," pungkasnya.(4U)

Image