Kapolres Gresik Lakukan Penyekatan di Perbatasan Cegah Wabah PMK

abadinews.id
Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis saat pimpin apel sebelum penyekatan

Abadinews.id, GRESIK - Polres Gresik mengambil langkah cepat melakukan penyekatan di wilayah perbatasan guna menanggulangi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK). Sasarannya adalah truk atau kendaraan sejenis yang mengangkut hewan ternak, khususnya sapi.

Penyekatan mulai dilakukan, Selasa malam (10/05). Titik - titik yang disekat antara lain perbatasan Kabupaten Lamongan, Kota Surabaya, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Sidoarjo. Memeriksa hewan ternak masuk dan keluar dari wilayah Kota Pudak agar penyebaran PMK tidak semakin meluas.

Baca juga: Polres Gresik Raih Juara 2 Pemilihan Duta Mahameru Lalu Lintas 2024 Polda Jatim

"Langkah ini adalah intruksi langsung dari bapak Kapolri dan Kapolda Jatim. Sasarannya di daerah perbatasan, lakukan pemeriksaan terhadap truk atau kendaraan yang memuat hewan ternak," tutur Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis saat memimpin apel sebelum penyekatan, Selasa (10/05) malam.

Alumnus Akpol 2002 ini memimpin langsung penyekatan di Simpang 4 Segoromadu yang berbatasan langsung dengan Kota Surabaya.

Sejumlah personel disiagakan di lokasi untuk memantau arus kendaraan. Kapolres berharap penyebaran PMK tidak semakin meluas.

Baca juga: Polres Gresik Jaga Kamtibmas Jelang Pilkada Serentak 2024, Bhabinkamtibmas Sambang Tokoh Agama

"Penyekatan. Wabah PMK mendapat atensi lebih karena penyebarannya sangat cepat. Tadi Menteri Pertanian juga sudah melakukan peninjauan di Kabupaten Gresik," jelasnya.

Kapolres menambahkan pihaknya juga menggandeng dinas terkait dalam melakukan penanggulangan PMK. Antara lain Dinas Pertanian dan Dinas Perindag. Langkah ini menjadi upaya pencegahan.

Baca juga: Satlantas Polres Gresik Gelar Harlantas Bhayangkara ke-69 Luncurkan Inovasi dan Aksi Sosial

Sekedar informasi, Kabupaten Gresik sudah ditetapkan status kejadian luar biasa (KLB) bersama Sidoarjo, Mojokerto dan Lamongan. Serta dua Kabupaten di Provinsi Jawa Timur.

Di Gresik ratusan sapi terpapar PMK, 315 dinyatakan sembuh dan belasan ekor mati.(AD1)

Editor : hadi

Peristiwa
Berita Terpopuler
Berita Terbaru