Abadinews.id, Surabaya - Pada bulan Agustus 2024, berdasar data KAI Daop 8 Surabaya, sebanyak 480.911 pelanggan yang menggunakan KA jarak jauh dari seluruh stasiun keberangkatan di wilayahnya. Adapun KA jarak jauh yang beroperasi pada Bulan Agustus 2024 ini sebanyak 46 KA jarak jauh regular dan 3 KA jarak jauh fakultatif.
Berikut adalah 5 stasiun dengan jumlah keberangkatan penumpang terbanyak pada bulan Agustus 2024 :
Baca Juga: KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya Sosialisasi Keselamatan Perlintasan Sebidang di JPL 05 Ambengan
1. Stasiun Surabaya Gubeng : 151.712 pelanggan;
2. Stasiun Surabaya Pasarturi : 133.038 pelanggan;
3. Stasiun Malang : 85.121 pelanggan;
4. Stasiun Bojonegoro : 20.743 pelanggan;
5. Stasiun Sidoarjo : 16.082 pelanggan.
Diungkapkannya, transportasi kereta api memiliki berbagai keunggulan. Seperti bebas kemacetan, ketepatan waktu, mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya, lokasi stasiun yang berada di tengah kota, serta sistem integrasi antarmoda. Para pelanggan bisa memilih transportasi KA lokal, ataupun transportasi lain, seperti Bus Damri, Angkutan kota, taxi dan ojek baik online maupun offline.
Baca Juga: PT KAI Daop 8 Surabaya Catat Kinerja Angkutan Barang Periode Januari - September 2024
"Dengan banyaknya pilihan transportasi lanjutan tersebut, tentu memudahkan para pelanggan untuk melanjutkan perjalanannya," tutur Luqman Arif.
Luqman Arif menerangkan, bahwa mayoritas para pelanggan didominasi dengan KA tujuan Yogyakarta, Semarang, Jakarta, Bandung, dan Banyuwangi. Adapun KA terfavorit para pelanggan di Daop 8 Surabaya pada bulan Agustus 2024 yakni :
- KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng - Yogyakarta
- KA Ambarawa Ekspres relasi Surabaya Pasarturi - Semarang Poncol
- KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi - Pasarsenen
- KA Jayabaya relasi Malang - Surabaya - Pasarsenen
- KA Tawangalun relasi Malang Kotalama - Ketapang
- KA Malabar relasi Malang - Bandung
Baca Juga: HUT KAI ke-79 Kembali Gelar Open House Bengkel Sepur Balai Yasa Surabaya Gubeng
Luqman Arif menambahkan,
KAI mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang telah menjadikan kereta api sebagai transportasi pilihan dalam bepergian. Hal ini akan menjadikan motivasi bagi KAI dalam meningkatkan fasilitas dan layanan yang selamat, aman, nyaman, dan tepat waktu.(4U)
Editor : Hadi