Resnarkoba Polda Jatim Bekuk Sindikat Narkoba Jaringan Internasional

abadinews.id
Barang bukti yang disita petugas Resnarkoba Polda Jawa Timur

Surabaya, Abadinews.id - Unit III Subdit Ill Ditresnarkoba Polda Jatim bersama Direktorat Bea dan Cukai Kantor Wilayah Jawa Timur I Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Perak.

Melakukan ungkap kasus perdana tindak pidana Narkoba Penyelundupan Sabu yang dimasukkan dalam Termos Makanan, dengan total bruto 6 Kilogram Sabu. Ke 4 pelaku adalah jaringan Internasional dari Malaysia - Tanjung Balai - Jakarta - Madura. Jum'at (08/01/21)

Baca juga: Satresnarkoba Polres Situbondo Bekuk 2 Tersangka Pengedar Okerbaya

Kegiatan ungkap kasus dipimpin langsung oleh Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko didampingi Kepala Kantor Bea dan Cukai Tanjung Perak Surabaya Aris Sudarminto, Kasubdit III Ditreskoba Polda Jatim Aditya Puji Kurniawan dan tim. Kegiatan ungkap kasus berada di Balai Wartawan Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko menjelaskan, pengungkapan kali ini kita bekerjasama dengan Stake Holder yaitu dari pihak Bea Cukai Tanjung Perak berhasil mengungkap kasus 6 Kilogram Sabu dalam Termos Makanan.

"Kami juga mengamankan 4 pelaku yaitu, Deddy Syahputra (DS), Siti Hodijah (SH), Juhariyanto (Y), Salman (S) dan Erwin (DPO). Dua lagi tersangka Sanidin Bin Mat Nasan (Alm) dan Abdin Bin Su’imah (Alm). Kesemuanya warga Madura," terangnya.

Kepala Kantor Bea dan Cukai Tanjung Perak Surabaya Aris Sudarminto menjelaskan, sudah disampaikan Pak Gatot. Barang haram ini merupakan kiriman dari Malaysia. Ini dalam satu kontainer atas nama salah satu perusahaan jasa penitipan.

"Ada dua paket tujuan Madura senilai 2.7 Kilogram dan satunya 2,1 Kilogram. Kesemua Sabu ini ada di dalam 4 Termos Makanan," jelasnya.

Lanjut Aris, disini kita mendapat dari informasi dari pihak Bea cukai yang mana dari bea cukai Tanjung Perak ada pengiriman 2 bal yang berisi baju namun di dalam bal ada 4 termos masing-masing bal.

Baca juga: Polsek Cerme Gagalkan Peredaran Narkoba dan Ringkus Pelaku Beserta Barang Bukti

"Kesemuanya melalui jalur darat bermula dari Tanjung Balai Malaysia, kemudian ke Jakarta, selanjutnya ke Surabaya dan endingnya ke Madura," tuturnya.

Dirresnarkoba Polda Jatim Kombes Pol Hanny Hidayat SIK, MH melalui Kasubdit III AKBP Aditya Puji Kurniawan menambahkan, pelaku adalah jaringan Internasional dari Malaysia - Tanjung Balai - Jakarta - Madura.

"Informasi dari masyarakat akan adanya pengiriman Narkotika jenis sabu jaringan Surabaya-Madura yang diduga dikirim melalui jalur darat oleh seorang kurir dengan Modus operandi melalui sistem ranjau," katanya.

Lanjut Aditya, penyelidikan bermula petugas melakukan ranjau disalah satu Hotel di Surabaya. Selanjutnya petugas melakukan observasi dan mendapati tersangka Deddy Syahputra (DS) saat membawa 2 tas ransel warna hitam yang kemudian ditaruh didalam kamar Hotel nomer 505 Lantai 5 di hotel tersebut, akhirnya kami berhasil mengamankan pelaku.

Baca juga: Satresnarkoba Polres Tulungagung Ringkus Pengedar Narkoba 5,5 Ons

"Sementara untuk tersangka wanita tertangkap bermula dari pengiriman paket PT. Jawa Paket Express. Pada kardus pembungkus yaitu pengirim faktur 1256 bernama Yanto yang tinggal di Kuala Lumpur Malaysia, merupakan suami Siti Khodijah sebagai penerima paket, merupakan warga Lonbilleh Desa Tramok Kokop Bangkalan," tegasnya.

Barang bukti yang disita pada saat penangkapan yaitu 4 bungkus Narkotika jenis shabu yang ada di dalam masing-masing Termos Makanan memiliki total berat kotor 2.040 gram dan bungkusnya dengan berat variasi, berat kotor 480 gram, berat kotor 600 gram, berat kotor 680 gram, dan berat kotor 280 gram. Dan barang bukti tersangka lainnya senilai 2.240.

Akibat perbuatan tersangka dikenakan pasal 114 ayat 2, pasal 112 ayat 2, UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan tersangka lainnya dijerat pasal 113 ayat 2, pasal 114 ayat 2 Jo 132 ayat 1.

Selain itu, 2 unit Handphone merk VIVO warna hitam, Samsung Duos warna Putih, 4 termos makan pink, coklat dan silver. Selain itu 1 buah kardus besar yang didalamnya berisi 5 bungkus gula pasir, 5 kaleng susu kental dan beberapa keperluan rumah tangga.   (Ki SJ)

Editor : hadi

Peristiwa
Berita Terpopuler
Berita Terbaru