Abadinews.id, Surabaya – KAI Commuter mencatat tren peningkatan volume pengguna Commuter Line di wilayah 8 Surabaya. Sepanjang Oktober 2024, tercatat sebanyak 1.278.019 orang, atau lebih besar 12,7 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada Oktober 2023 lalu, yaitu sebanyak 1.133.983 orang. Sedangkan untuk rata-rata volume per hari juga mengalami peningkatan sebesar 12,7 persen, atau rata-rata volume pengguna sebanyak 41.266 orang per hari.
Dari capaian tersebut, terpantau peningkatan yang cukup signifikan pada volume pengguna Commuter Line Dhoho-Penataran dan Commuter Line Supas setelah KAI Commuter menambahkan jumlah kereta pada tiap rangkaiannya (stamformasi) mulai 1 Oktober lalu. Penambahan jumlah pengguna ini mencerminkan tingginya minat masyarakat dalam menggunakan layanan KAI Commuter untuk mendukung mobilitas harian mereka di kota-kota Jawa Timur.
Baca juga: Stasiun Surabaya Gubeng Jadi Saksi Pertempuran 79 Tahun Silam
“Commuter Line Dhoho-Penataran dan Commuter Line Supas beroperasi di rute strategis dan melintasi kota-kota penting di wilayah 8 Surabaya. Sekarang, kereta Commuter Line ini telah menjadi pilihan utama masyarakat wilayah ini dalam perjalanan sehari-hari untuk bekerja, kuliah, atau keperluan lainnya,” tutur VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus.
Dari data bulan September dan Oktober 2024, kenaikan volume pengguna Commuter Line Dhoho/Penataran tercatat sebesar 24 persen. Pada September 2024 sebanyak 190.515 orang dan Oktober mencapai 235.613 orang. Volume tertinggi mencapai 9.166 orang pada Minggu, 27 Oktober 2024.
Sedangkan untuk peningkatan volume pengguna Commuter Line Supas untuk relasi Surabaya – Pasuruan pada bulan September dan Oktober 2024, tercatat peningkatan sebesar 17 persen. Pada bulan September sebanyak 115.895 orang dan bulan Oktober sebanyak 135.993 orang. Sementara itu, volume tertinggi tercatat 6.791 orang pada Minggu, 6 Oktober 2024.
Baca juga: KAI Daop 8 Surabaya Tingkatkan Layanan Kesehatan melalui Klinik Mediska untuk Pegawai dan Umum
Joni juga menyampaikan bahwa dengan penambahan jumlah kereta pada tiap rangkaiannya, kapasitas angkut pengguna pada kedua Commuter Line tersebut menjadi lebih banyak. “Untuk kapasitas pengguna Commuter Line Dhoho-Penataran meningkat menjadi 11.445 orang, yang sebelumnya sebanyak 9.166 orang. Sedangkan kapasitas pengguna Commuter Line Supas meningkat menjadi 7.632 orang, yang sebelumnya hanya 4.800 orang,” jelas Joni.
Untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna, KAI Commuter juga menyediakan informasi lengkap mengenai jadwal perjalanan, tarif, dan rute Commuter Line Supas dan Commuter Line Dhoho-Penataran melalui aplikasi Access By KAI. Pengguna bisa melakukan pemesanan dan pembelian tiket mulai tujuh hari (H-7) sebelum hari pemberangkatan dengan memasukkan data-data yang sesuai dengan identitas diri.
Baca juga: PT KAI Tingkatkan Pelayanan, Hadirkan Ruang Tunggu Eksekutif dan Coworking Space
KAI Commuter kembali mengingatkan bahwa sebelum menggunakan Commuter Line Dhoho/Penataran dan Commuter Line Supas atau pun Commuter Line lokal lainnya, pengguna diwajibkan melakukan proses boarding di stasiun keberangkatan untuk dilakukan pemeriksaan data perjalanan.
Dengan penambahan kapasitas angkut dan kemudahan ini, KAI Commuter secara konsisten berupaya meningkatkan layanan bagi penggunanya. “Kami senantiasa berharap dan berupaya maksimal agar kehadiran KAI Commuter memberi dampak positif dan menjadi solusi layanan transportasi di setiap tempat di mana kami hadir,” pungkas Joni.(4U)
Editor : Hadi