Kapolres Gresik Apresiasi Pembongkaran Tugu Perguruan Silat Secara Mandiri

abadinews.id
Perguruan silat Kera Sakti sukarela bongkar tugu

Abadinews.id, Gresik - Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom memberikan apresiasi kepada IKPSI Kera sakti Cabang Gresik. Pasalnya dengan sukarela membongkar sendiri tugu perguruan pencak silatnya.

Tugu yang terletak di Desa Brangkal, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik dibongkar dan disaksikan Forkopincam dan perwakilan dari pengurus maupun anggota IKPSI Cabang Gresik.

Baca juga: Pastikan Kesiapan Operasi Mantap Praja Semeru, Birolog Cek Almatsus di Polres Gresik

“Saya mengapresiasi atas pembongkaran ini, mereka secara sukarela mematuhi surat edaran dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jawa Timur,” tutur AKBP Adhitya Panji Anom, Selasa (29-08-23).

Berdasarkan surat edaran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jawa Timur dengan Nomor: 300/5984/209.5/2023 tertanggal 26 Juni 2023 tentang pembongkaran tugu, patung dan atau simbol perguruan silat di wilayah Jawa Timur secara mandiri.

Baca juga: Narkoba Jadi Perhatian Satresnarkoba Polres Gresik, Gelar Sosialisasi di SLB Bhayangkari 2

Menurutnya, keberadaan tugu-tugu tersebut dinilai sebagai salah satu pemicu konflik antar perguruan silat.

Imbasnya timbul perkelahian fisik yang berisiko mengakibatkan korban jiwa.

Baca juga: Kunjungan Forkopimda Jatim ke PT Temprina Pastikan Kesiapan Logistik Pilkada 2024

"Tidak sedikit korban jiwa, luka berat, luka ringan maupun materi, saat ada adu fisik antar anggota perguruan silat," jelas Kapolres Gresik.

Kapolres mengungkapkan, tugu yang akan dirobohkan adalah tugu yang berdiri di fasilitas umum, bukan di tanah pribadi.(4U)

Editor : hadi

Peristiwa
Berita Terpopuler
Berita Terbaru