Kampung Glintung Water Street Tidak Pernah Tutup untuk Wisata

Kampung Glintung Water Street Tidak Pernah Tutup untuk Wisata

GWS yang tidak pernah tutup saat masa pandemi Covid-19

Malang, Abadinews.id - Kampung tangguh adalah kampung yang memiliki kemandirian dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, khususnya bencana pandemi Covid-19. Dalam melakukan pengukuran ketangguhan suatu lingkungan digunakan indikator yang mencakup 7 variabel yaitu tangguh logistik, tangguh SDM, tangguh Informasi, tangguh kesehatan, tangguh keamanan dan ketertiban, tangguh budaya dan tangguh psikologi, Minggu (10/10/21).

Sabtu 9 Oktober 2021 Kampung Glintung Water Street RW 5 Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota genap 1 tahun melaksanakan Program Kampung Tangguh Mandiri. Kampung yang cepat tanggap menghadapi pandemi Covid-19. Selama 1, 5 tahun kampung GWS tidak pernah sepi kunjungan studi banding terkait dengan bagaimana mengaktivasi Kampung Tangguh Mandiri. "Saat PSBB maupun PPKM semua kampung wisata di kota Malang tutup tapi Kampung GWS selalu terbuka untuk kunjungan wisata edukasi dan studi banding Kampung tangguh," tutur Ageng Wijayakusuma Ketua Kampung GWS.

Di Kampung GWS ini pengunjung belajar model ketahanan dan lumbung pangan, sedekah sembako, produk olahan pangan, pengolahan limbah, pemanfaatan limbah untuk media tanam, limbah untuk kerajinan dan lain-lain.

"Rata-rata pengunjung studi banding ingin mengetahui proses menginisiasi kampung tangguh,” jelas Suzana ketua PKK RW 5 Kelurahan Purwantoro saat di dampingi Mouzza Zee Leadis Bikers Sabang Merauke yang saat ini keliling dari kampung wisata satu ke kampung wisata lainnya.

Sementara di studio Inspire Media hadir Ageng Wijayakusuma Ketua Kampung GWS yang di damping Ki Demang ketua Forkom Pokdarwis kampung Tematik Kota Malang menuturkan, “Kunci kesuksesan kampung GWS yang tidak pernah tutup untuk kunjungan wisata karena ada program kampung tangguh yang di kuatkan melalui program urban farming serta ekonomi kreatif.”

Justru kampung kami kebanjiran program kegiatan dan kunjungan dari berbagai instasi Pemerintah dan swasta karena ingin belajar soal kemandirian kampung, terang Ageng yang juga menjadi Ketua RW 5 Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malang.

Gara-gara Program Kampung Tangguh GWS, kampung ini di Kunjungi Menko Pembangunan, Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan kampung ini di resmikan sebagai Kampung tangguh Mandiri oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, di dukung penuh oleh Polda Jatim, Polresta Malang, Danrem 083 Malang, Walikota Malang termasuk Mabes Polri. Kampung Tangguh GWS telah banyak mendapatkan penghargaan sebagai kampung tangguh menghadapi pandemi Covid-19.

Acara Festival Kampung Tangguh Kampung Glintung Water Street ini di siarkan secara online yang menjadi rangkaian 27 Virtual Event Kampung Tematik Kota Malang bersama 22 kampung tematik Kota Malang selama bulan Oktober - November tiap hari Jumat Sabtu Minggu jam satu siang sebagai upaya promosi kembali berwisata di Kota Malang. (Er)

Image