PT KAI Daop 8 Surabaya

Selama 3 Triwulan 2024, KAI Daop 8 Surabaya Catat Peningkatan Ketepatan Waktu dan Pelayanan KA

avatar abadinews.id
Petugas KAI Daop 8 Surabaya
Petugas KAI Daop 8 Surabaya

Abadinews.id, Surabaya - Selama 3 triwulan tahun 2024, Operasional KA penumpang di Daop 8 terus mengalami peningkatan pada ketepatan waktu baik keberangkatan maupun kedatangan. Hal ini tentu menunjukkan komitmen KAI Daop 8 Surabaya dalam menjaga ketepatan waktu, keselamatan, kenyamanan dan pelayanan KA.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan hingga 30 September 2024 tingkat ketepatan waktu _(On Time Performance)_ keberangkatan dan kedatangan KA penumpang selalu meningkat tiap triwulannya.

Baca Juga: Tingkatkan Prasarana Keselamatan, KAI Daop 8 Surabaya Ganti Rel R.50 Jadi R.54

Berikut adalah data terkait ketepatan waktu KA Penumpang di Daop 8 Surabaya :

_*Triwulan 1 tahun 2024*_
- Keberangkatan : 99,65 persen
- Kedatangan : 90,27 persen

_*Triwulan 2 Tahun 2024*_
- Keberangkatan : 99,82 persen
- Kedatangan : 95,80 persen

_*Triwulan 3 Tahun 2024*_
- Keberangkatan : 99,91 persen
- Kedatangan : 96,09 persen

Baca Juga: PT KAI Daop 8 Surabaya Buka Kesempatan di Program Branding Stasiun dan Kereta

"Ketercapaian ini menunjukkan komitmen pekerja KAI Daop 8 Surabaya dalam mewujudkan _Service Excellent_ dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan," tuturnya.

Dijelaskannya, KAI Daop 8 Surabaya saat ini setiap harinya mengoperasikan 45 KA jarak jauh reguler, kemudian pada setiap akhir pekan menjalankan 4 KA jarak jauh fakultatif, serta 48 KA Lokal.

Dengan tingkat ketepatan waktu perjalanan KA yang terjaga sesuai jadwal ini juga berdampak terhadap peningkatan volume pelanggan KA jarak jauh di tahun 2024. Periode Januari - September 2024, sebanyak 4.387.212 pelanggan yang menggunakan KA di wilayah Daop 8. Jika dibanding periode yang sama tahun 2023 tercatat sebanyak 3.981.750 pelanggan.
"Angka ini mengalami peningkatan 10% atau 405.462 pelanggan dengan periode yang sama," jelasnya.

Baca Juga: KAI Daop 8 Surabaya Sediakan Water Station Dukung ESG

Luqman Arif menambahkan bahwa KAI selain memiliki SDM yang berkompeten pada bidangnya masing-masing, juga selalu memberikan refreshing materi sesuai kebutuhan dan juga perkembangan era. Hal ini bertujuan agar pekerja KAI Daop 8 Surabaya bisa siap maupun siaga terhadap berbagai tantangan yang ada dan selalu memberikan pelayanan maksimal terhadap pelanggan.

"KAI terus berusaha menjadikan transportasi kereta api sebagai pilihan utama masyarakat dalam melakukan mobilitasnya, karena memiliki keunggulan ketepatan waktu, keselamatan pelanggan, bahkan mampu mengurangi angka kecelakaan di jalan raya," pungkas Luqman Arif.(4U)

Editor : Hadi

abadinews.id horizontal

Berita Lainnya

abadinews.id horizontal