Abadinews.id, Jakarta - Slogan “Mudik Ceria, Penuh Makna” telah digaungkan oleh Kementrian Perhubungan (Kemenhub) beberapa waktu lalu, juga menjadi sebuah semangat baru bagi pekerja KAI khususnya di wilayah Daop 8 Surabaya untuk turut mensukseskan program tersebut.
KAI tentunya akan berupaya menyiapkan berbagai aspek untuk mewujudkan slogan tersebut. Mulai dari sumber daya manusia, sarana, prasarana, serta hal lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan.
Baca Juga: 48.000 Tiket Telah Dipesan di Masa Libur Nataru, Segera Pesan Sebelum Kehabisan
Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, dari sisi SDM, seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis dipastikan mematuhi SOP yang berlaku.
“Petugas KAI dipastikan selalu konsisten memprioritaskan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan para pelanggan kereta api, terutama pada masa angkutan lebaran sehingga tercipta Mudik Ceria, Penuh Makna,” tuturnya.
Luqman Arif menambahkan, sebelum melakukan dinasan, terdapat proses persiapan ketat yang harus dilakukan masinis dan asisten masinis sebelum melakukan tugasnya. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa petugas berada dalam kondisi prima saat bertugas.
“Apabila terdapat masinis maupun asistan masinis yang tidak memenuhi syarat, maka tidak diperbolehkan bertugas dan wajib diganti petugas lain,” terangnya.
Luqman menjelaskan, salah satu kunci keselamatan kereta api adalah asesmen ketat awak sarana perkeretaapian, dalam hal ini adalah masinis dan asisten masinis, wajib datang 45 menit lebih awal untuk melakukan berbagai persiapan. Selanjutnya, mereka akan menjalani pemeriksaan kesehatan, seperti suhu tubuh hingga tekanan darah.
“Setelah pemeriksaan kesehatan, masinis dan assistant masinis akan menjalani wawancara yang diberikan oleh penyelia dan melakukan tes tunjuk sebut semboyan perkeretaapian,” jelasnya.
Lebih lanjut setelah proses asesmen lengkap, masinis dan asisten masinis akan menerima dokumen serta perlengkapan perjalanan dinas dan menandatangani atau membacakan pernyataan - pernyataan dinas. Disamping itu sebelum melakukan dinasannya, masinis dan asisten masinis juga harus melihat, membaca, serta memahami pengumuman dan instruksi di kantor UPT Crew KA.
Berbagai proses ini harus dilakukan oleh setiap masinis dan asistan masinis sebelum memulai dinasan, agar tercipta keselamatan perjalanan KA bagi pelanggan. Hal ini juga menjadi bukti bahwa KAI mengutamakan perjalanan kereta api dengan menyiapkan SDM terbaik untuk mengantarkankan pelanggan dengan selamat sampai stasiun tujuan.
“Serta menjadikan angkutan lebaran 2024 mudik ceria penuh makna,” tegas Luqman Arif.
*Pemesanan Tiket Angkutan Lebaran 2024*
Sebanyak 232.776 tiket KA jarak jauh keberangkatan Daop 8 Surabaya telah terpesan oleh masyarakat selama periode Angkutan Lebaran 2024, yakni mulai 31 Maret hingga 21 April 2024. Namun demikian, pada periode Angkutan Lebaran ini KAI Daop 8 Surabaya menyediakan 30.340 tempat duduk setiap harinya.
Baca Juga: Jelang Nataru 2024/2025, DJKA Kemenhub Periksa Sarana dan Fasilitas KAI Daop 8
Luqman Arif menjelaskan, untuk periode arus mudik angkutan lebaran mulai 31 Maret s/d 9 April atau H-10 s/d H-1 lebaran, terdapat 120.010 tiket yang telah dipesan oleh masyarakat.
Keberangkatan terbanyak yakni dari Stasiun Surabaya Gubeng yang tercatat 41.059 pelanggan, Stasiun Surabaya Pasarturi 34.254 pelanggan, Stasiun Malang 20.381 pelanggan, dan diikuti stasiun lain di Daop 8 Surabaya.
"Berdasar data tersebut, tanggal favorit pelanggan yakni 5-9 April atau H-5 s/d H-1 lebaran, dengan rata-rata 19.000 per harinya," ungkapnya.
Sementara itu, pada arus balik tercatat 90.494 tiket telah dipesan oleh masyarakat. Okupansi tertinggi yakni keberangkatan dari Stasiun Surabaya Pasarturi yang tercatat 27.309 pelanggan, Stasiun Surabaya Gubeng 18.853 pelanggan, Stasiun Malang 13.113 pelanggan, dan diikuti stasiun lain di Daop 8 Surabaya.
Luqman Arif menambahkan, KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 54 KA jarak jauh, terdiri dari 43 KA jarak jauh reguler dan 11 KA jarak jauh tambahan. Selama periode mudik angkutan lebaran 2024, mayoritas pelanggan di Daop 8 Surabaya didominasi dengan KA tujuan Semarang, Jakarta, Solo, Bandung, Jember, dan Banyuwangi.
Berikut 5 urutan KA terfavorit pelanggan di Daop 8 Surabaya diantaranya :
1. KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi - Pasarsenen
Baca Juga: PT KAI Komitmen Perhatikan Keselamatan dan Keamanan Perjalanan Kereta Api
2. KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng - Kiaracondong
3. KA Probowangi relasi Surabaya Gubeng - Ketapang
4. KA Jayabaya relasi Malang - Surabaya - Pasarsenen
5. KA Kertajaya relasi Surabaya Pasarturi - Pasarsenen.
Bagi masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran dengan menggunakan transportasi KA, apabila tanggal keberangkatan dan KA yang diinginkan telah habis, dapat menggunakan fitur connecting train yang tersedia di aplikasi Access by KAI.
"Fitur ini akan mengkombinasikan jadwal perjalanan anda yang bersifat persambungan KA sesuai tujuan," tutup Luqman Arif.(4U)
Editor : hadi