Perhutani KPH Probolinggo

Perhutani KPH Probolinggo Bersama CDK Lumajang Gelar Sismonev dan Closing Meeting Realisasi RTT Semester II/2023

avatar abadinews.id
Perhutani KPH Probolinggo bersama CDK Lumajang gelar Sismonev
Perhutani KPH Probolinggo bersama CDK Lumajang gelar Sismonev

Abadinews.id, Lumajang - Administratur Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Probolinggo bersama jajaran menghadiri SisMonev dan Closing Meeting Realisasi RTT Semester II Tahun 2023 pekerjaan bidang tanaman, tebangan dan sadapan bersama dengan Cabang Dinas Kehutan (CDK) Lumajang di Cafe Alka Lumajang, Rabu (06/03).

Hadir dalam acara tersebut, Administratur Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Probolinggo Aki Leander Lumme, Wakil Administratur (Waka Adm) Sub Kesatuan Pemangkuan Hutan (SKPH) Lumajang Januar Suhartono, Kepala Cabang Dinas Kehutan (CDK) Lumajang Ach. Achyani, Kasi Tata Kelola Kehutanan Wendy beserta jajaran, Perwira Pembina (Pabin) Polisi Hutan (Polhut) Rahmat Basuki, Kepala Seksi Pembinaaan Sumber Daya Hutan (Kasi PSDH) Totok Suharsono, Kasi Perencanaan dan Pengembangan Bisnis (Kasi PPB) Dwi Elmy Kartikasari, Kepala Sub Seksi (KSS) Perencanaan Eki Umar Hamdan, segenap Asisten Perhutani (Asper) Wilayah Sub Kesatuan Pemangkuan Hutan ( SKPH) Lumajang dan perwakilan Asisten Perhutani (Asper) Wilayah Sub Kesatuan Pemangkuan Hutan (SKPH) Probolinggo beserta jajaran Kepala Resort Pemangkuan Hutan (KRPH).

Baca Juga: Perhutani KPH Probolinggo dan Polsek Paiton Gelar Patroli Gabungan Gukamhut

Dalam sambutannya Administratur Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Probolinggo menyampaikan “Terima kasih atas sinergi Perhutani dengan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Lumajang dalam upaya SisMonev pelaksnaan RTT Semester II tahun 2023 dan bersama-sama mengawal kegiatan pengelolaan sumber daya hutan di wilayah kerja Perhutani KPH Probolinggo untuk mewujudkan hutan lestari”, terangnya.

Kegiatan sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi (SisMonev) terhadap uji petik ini merupakan tindak lanjut dari rangkaian monev dari realisasi pelaksanaan Rencana Teknik Tahunan (RTT) dan untuk mengetahui sejauh mana RTT tersebut diimplementasikan dan kemudian untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dan mendapatkan solusinya, dan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) sebagai Instansi yang diberi amanat sesuai undang-undang untuk melakukan monitoring dan evaluasi dari kegiatan yang telah dilakukan oleh Perhutani tiap semester,” tuturnya.

Baca Juga: Perhutani KPH Probolinggo Serahkan Bantuan TJSL Hewan Qurban Idul Adha 1445H

Lanjut Aki dengan digelarnya SisMonev RTT ini bersama Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Lumajang di wilayah kerja Perhutani KPH Probolinggo bertujuan untuk mengawal pelaksanaan pengelolaan sumber daya hutan di KPH Probolinggo agar berjalan dengan baik sesuai rencana dan tata waktu yang telah ditetapkan dalam RTT, jelasnya.

Sementara Kepala Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Lumajang Ach. Achyani menyampaikan “Terima kasih atas sinergi dan kerjasamanya pada Perhutani Probolinggo yang kooperatif dalam pelaksanaan Monev RTT Semester II Tahun 2023 sehingga berjalan lancar dan sukses,” tukasnya.

Baca Juga: Perhutani Probolinggo Bersama Bupati Lumajang Gelar Tandur Bareng Peringati Hari Bumi

Kami berharap agar semua penyuluh kehutanan juga harus berkolaborasi dengan Perhutani diwilayahnya. Penyuluh kehutanan wajib memberikan sosialisasi, tetapi bukan cuma diluar kawasan hutan saja melainkan wajib memberikan sosialisasi dimasyarakat sekitar hutan. Kegiatan monev RTT di Perhutani Probolinggo selama ini telah dilaksanakan juga kegiatan pengelolaan sumberdaya hutan dan sudah sesuai dengan kaidah Pengelolaan Hutan Produksi Lestari, ini perlu dipertahankan dan dan ditingkatkan agar tujuan pengelolaan hutan tercapai yakni hutan lestari masyarakat sejahtera, pungkasnya. (4U)

Editor : hadi

abadinews.id horizontal

Berita Lainnya

abadinews.id horizontal