Kauseri Agama di Kodiklatal, Ajak Prajurit dan PNS Selalu Ingat Allah Setiap Persoalan

Kauseri Agama di Kodiklatal, Ajak Prajurit dan PNS Selalu Ingat Allah Setiap Persoalan

Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono bersama Laksamana Pertama TNI Supardi saat kauseri agama

Abadinews.id, Surabaya - Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Suhartono didampingi Wadan Kodiklatal Laksamana Pertama TNI Supardi mengikuti kauseri agama Islam yang diikuti Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kodiklatal tentang melibatkan Allah Subhanahu Wa Ta'ala dalam setiap persoalan kehidupan, yang disampaikan oleh Ustadz Prof. Dr. Syaiful Jazil.M.A di Masjid Ibadurrahman Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Rabu (24/05).

Dalam Tausiahnya Ustadz Syaiful Jazil yang merupakan Guru Besar UIN Sunan Ampel Surabaya ini menyampaikan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah menjelaskan yang dimaksud taman surga adalah majelis-majelis zikir dan majelis-majelis ilmu. Hadis ini pengertiannya sama persis dengan Sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wassalam yang di tulis di depan pintu masuk gerbang Raudhah yaitu antara rumahku ini dengan mimbarku tempat berkhotbah adalah termasuk taman surga.

“Raudhah satu-satunya tempat yang hanya ada di Madinah yang mustajab untuk berdoa bagi jamaah Haji atau Umroh, bagi umat Islam yang belum mendapatkan kesempatan berangkat haji atau umrah, dapat menggantinya dengan senang menghadiri majelis zikir atau majelis ilmu,” tutur Ustadz Syaiful.

Lebih lanjut Ustadz Syaiful meyakini semua doa pasti diijabah oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala, karena memang Allah sendiri yang berjanji kepada hamba-Nya. "Berdoalah pasti aku kabulkan.” Tetapi yang menjadi pertanyaan apakah terkabulnya doa pasti diijabah Allah Subhanahu Wa Ta'ala sesuai yang kita minta.

“Saya teringat ada ulama besar Syekh Ibnu Atha’illah dalam kitabnya yang terkenal bernama Al Hikam. Kitab ini menjadi rujukan seluruh lembaga pendidikan dan pondok pesantren tidak hanya di Indonesia tapi di dunia. Didalam kitab ini beliau mengatakan bahwa terkadang Allah memberimu tapi berupa penolakan, begitu pula sebaliknya terkadang Allah menolakmu tetapi hakekatnya Allah memberimu dengan wujud yang terbaik,” terang Ustadz Saiful.

Dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan lika-liku, Ustadz Saiful juga menyampaikan Firman Allah yaitu “Wahai orang-orang yang beriman, Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.” Semua masalah itu harus dihadapi dengan kerja keras tetapi dengan hati yang sabar, karena usaha manusia terbatas maka jangan diatasi sendiri dan libatkan Allah didalamnya dengan jalan Sholat dan memperbanyak doa maupun sholat tahajud. Saat kita bimbang juga dianjurkan melakukan sholat Istikharah artinya kita melibatkan Allah dalam setiap persoalan hidup kita. Dan janji Allah benar yaitu Allah bersama orang-orang yang sabar karena semua yang terjadi adalah kehendak Allah dan tidak boleh mengeluh atau menyesalinya.(AD1)

Image