Jelang Tupdik, Dankodiklatal beri Pembekalan 44 Pasis Dikmapa PK Angkatan 29-B

Jelang Tupdik, Dankodiklatal beri Pembekalan 44 Pasis Dikmapa PK Angkatan 29-B

Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono

Abadinews.id, Surabaya - Menjelang penutupan pendidikan (Tupdik) dan siap memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan keluarga besar TNI AL, Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Suhartono memberikan pembekalan kepada 44 Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Pertama Perwira (Dikmapa) Prajurit Karier (PK) Angkatan 29-B Khusus Tenaga Kesehatan (Susgakes) TA 2022, bertempat di Gedung Jalasena Ruang Skill Station Pusdikkes Kodikdukum Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Kamis (25/05/23).

Dalam kesempatan tersebut, Dankodiklatal menyampaikan bahwa Sistem pendidikan TNI AL yang salah satunya menyelenggarakan program Dikmapa PK TNI AL Khusus Kesehatan bertujuan mendidik dan membekali Perwira TNI AL Korps Kesehatan menjadi Prajurit pejuang sapta marga yang memiliki kesamaptaan jasmani serta profesionalisme matra laut.

“Sebagai seorang Perwira yang berkomitmen menjadikan Angkatan Laut yang berkelas dunia (World Class Navy) harus mampu mengatasi berbagai bentuk tantangan yang semakin kompleks dan dinamis, mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mengembangkan ketrampilan yang dimiliki, serta meningkatkan kemampuan diri dengan mengikuti pendidikan untuk menunjang profesinya,” tutur Letjen TNI Marinir Suhartono.

Dankodiklatal menambahkan dengan pengetahuan dan keterampilan teknis di bidang kesehatan selama pendidikan, para Perwira diharapkan dapat melaksanakan tugas sebagai Perwira Urusan (Paur) Kesehatan di Fasilitas Kesehatan, Komandan Peleton Kesehatan atau Jabatan lain yang setingkat, dengan tidak lupa selalu berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, Sebelas Asas Kepemimpinan, Trisila TNI AL dan Kode Etik Perwira.

Diakhir pembekalan Komandan yang berasal dari pasukan khusus Denjaka ini berpesan kepada para Pasis bahwa dalam upaya meningkatkan kualitas kepemimpinan di lingkungan TNI AL diantaranya adalah tidak menjalankan perintah sekedar bekerja apalagi asal-asalan, senantiasa menjaga dan menegakkan etika serta profesionalisme, dan penuh dedikasi dalam menjalankan tugas.

Pembekalan kepada Pasis Dikmapa PK 29-B yang terdiri dari 32 Pasis Dokter Umum, 8 Pasis Dokter Gigi dan 3 Pasis Apoteker ini dihadiri oleh Wadan Kodiklatal Laksma TNI Supardi, Ir Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Amir Faisol, Kapokgadik Brigjen TNI Marinir Ichwan Dargianto, Dirdik Kodiklatal Kolonel Laut (P) Askari, dan Komandan Kodikdukum Laksma TNI Budi Raharjo, serta Danpusdikkes Kolonel Laut (K) dr. Pudjo Dwi Laksono.(AD1)

Image