Camat Bulak Luncurkan Program Dudu Galak

avatar abadinews.id
Camat Bulak Bambang Udi Ukoro saat luncurkan program Dudu Galak
Camat Bulak Bambang Udi Ukoro saat luncurkan program Dudu Galak

Abadinews.id, Surabaya - Camat Bulak Bambang Udi Ukoro meluncurkan program DUDU GALAK, atau Dapur Umum Peduli Warga Bulak, di Pendopo Kecamatan Bulak Sebagai bentuk kepedulian pada warga lansia tinggal di Kecamatan Bulak Surabaya. Jum'at (03/03).

Menurut Bambang, program ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kecamatan Bulak bersama stakeholder, tokoh masyarakat, Kader Surabaya Hebat, dan Generasi Muda, yang ada di wilayah Kecamatan Bulak. Dengan memberikan permakanan untuk para lansia tunggal yang tidak mampu.

Baca Juga: Gelar Sahur On The Road di Bulan Ramadhan 1444 H

“Pada tahun 2022, para lansia ini mendapatkan bantuan permakanan dari Kemensos RI. Nah, sepanjang tahun 2023 ini, bantuan sari Kemensos RI belum ada. Jadi kami berinisiatif memberikan bantuan makanan pada mereka,” tuturnya.

Bambang juga berharap program ini dapat membantu warganya. Jadi ini program swadaya dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat di Kecamatan Bulak. Kegiatan kami bentuk dari warga, oleh warga dan untuk warga. Memberi adalah sumber kebahagiaan dan Tidak akan pernah ada yang jatuh miskin karena bersedekah. Karena kami ingin membangun empati untuk sesama warga terhadap lingkungannya, jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Dudu Galak Nani Sugiarti menyampaikan bahwa timnya siap menyukseskan program permakanan lansia tunggal di Kecamatan Bulak.

“Tahun kemarin, para lansia tunggal di wilayah kami mendapatkan permakanan 2 kali sehari dari Kemensos. Kebetulan pada tahun 2023, sudah 2 bulan ini dananya belum turun, karena masih dalam proses. Program Dudu Galak ini, bisa meringankan beban lansia tunggal yang ada di wilayah Kecamatan Bulak,” terang Nani.

Baca Juga: Launching Abang Intim di SDN Bulak Rukem 1 Surabaya

Untuk pelaksana ada tim memasak, kemudian dikemas dan dikirim oleh KSH (Kader Surabaya Hebat) di setiap Kelurahan.

“Saya berharap lansia tunggal tertangani dan tidak sampai terlantar. Sementara warga yang mampu peduli, melalui program Dudu Galak ini,” tegasnya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Samiaji Santoso dan Yusuf, mengapresiasi program Dudu Galak yang dicetuskan Camat Bambang Udi Ukoro.

Baca Juga: BLAS Program Baru Kecamatan Bulak Bersama Relawan

“Kami sangat mengapresiasi pak Camat Bulak, yang bisa membangun kebersamaan dari tingkat bawah hingga atas. Serta melibatkan pihak swasta, untuk meningkatkan kepedulian kepada warga yang membutuhkan. Kami akan berkolaborasi untuk menggali kesadaran semua pihak agar menyukseskan Dudu Galak,” urai Yusuf.

Sementara Samiaji Santoso berharap agar warga miskin di wilayahnya tidak bertambah. “Saya sangat setuju sekali dengan program ini. Bisa dikembangkan dan ditiru oleh Kecamatan lain,” tutupnya.(AD1)

Editor : hadi

abadinews.id horizontal

Berita Lainnya

abadinews.id horizontal