Kodim 0610 dan Komunitas Offroader Gelar Bansos di Desa Karangbungur

abadinews.id
Dandim letkol. Inf. Zaenal mustofa S.E., M. Si. Sedang menyerahkan paket sembako kepada masyarakat

Sumedang, Abadinews.id - Kodim 0610 Sumedang bersama komunitas offroader se-Kabupaten Sumedang melakukan Bansos kepada masyarakat Dusun 3 Karangbungur, yang mana dilokasi ini merupakan tempat terkikisnya sawah masyarakat atas luapan air sungai Cikandung yang sangat deras sehingga merusak sekitar 24 Ha sawah dan 6 rumah yang sebagian hampir rusak terkena dampak banjir dari sungai cikandung tersebut.

Masih ada beberapa rumah penduduk lainnya yang sangat rawan akan terdampak oleh derasnya aliran sungai baru Cikandung disaat musim penghujan, maka dari itu atas inisiatif dan kepedulian Dandim Kodim 0610 Sumedang bersama offroader se-Kabupaten Sumedang membagikan bantuan sosial ( Bansos ) berupa paket sembako dan 50 besi bronjong yang diperuntukan membendung meluapnya air sungai Cikandung ke pemukiman warga masyarakat Desa Karangbungur Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Babinsa Sosialisasi Komsos Kreatif MOL Bersama Kelompok Tani

Dalam kegiatan Bansos pada hari sabtu (11/09/21), turut hadir Dandim letkol. Inf. Zaenal Mustofa S.E., M.Si., bersama staf Kodim 0610 Sumedang, rencananya Kapolres Sumedang pun akan menghadiri acara ini tetapi karena ada kegiatan vaksin maka beliau tidak bisa menghadiri.

Selain itu Kepala Desa Karangbungur Yayat Rudiatna bersama perangkat desa lainnya seperti ketua BPD, Sekdes, Kepala Dusun Karangbungur, Babinsa dari Koramil 1008 Buahdua, ketua panitia offroad juga ada sekitar 30 orang anggota komunitas offroad se-Kabupaten Sumedang, juga warga masyarakat Dusun 3 Karangbungur yang sangat antusias sekali untuk menghadiri acara kegiatan pembagian Bansos yang mana acara tersebut dimulai pada pukul 09.00 WIB pagi.

Disela istirahat selesainya acara pada pukul 12.15 WIB, awak media sempat mewawancarai Dandim letkol. Inf. Zaenal Mustofa S.E., M.Si., Kodim 0610 Sumedang, yang mana setelah acara ini beliau akan mengunjungi Koramil 1008 Buahdua, dan dalam wawancara beliau berharap kedepannya agar tidak ada lagi bencana yang baru di Desa Karangbungur ini, serta beliau juga menghimbau kepada para donatur lainnya apabila ingin berantisipasi dipersilahkan.

"Saat ini kami bersama komunitas offroad ada sekitar 30 orang ke Desa Karangbungur, dimana lokasi ini merupakan terkikisnya 24 Ha sawah oleh air hujan maupun luapan air sungai baru Cikandung dan juga sekitar 15 rumah penduduk yang kena dampak, sebagai wujud kepedulian dan empati, simpati kepada Masyarakat Karangbungur.

Kami datang untuk memberikan solusi meskipun tidak seberapa, dan dari komunitas offroad Sumedang sendiri memberikan bantuan berupa besi bronjong, dan ini juga perlu disampaikan kepada masyarakat lain.

Baca juga: Komsos Babinsa Koramil 1008 Buahdua

Siapapun para donatur lainnya yang bisa membantu memberikan bronjong kepada masyarakat, karena untuk membendung sungai ini supaya dialihkan ke sungai yang lama dibutuhkan 150 bronjong dan saat ini masih banyak kekurangannya, maka upaya dimusim kemarau ini agar segera dibuatkan bendungan sungai baru agar mengalir ke sungai yang lama, dan harapan kami kedepannya upaya ini berhasil dan menjadi solusi terakhir agar tidak terjadi lagi bencana yang baru lagi dengan rusaknya lingkungan, rusaknya rumah dan memberikan beban permasalahan bagi masyarakat juga dampak yang negatif bagi masyarakat, semoga tidak ada bencana lagi di sungai ini," jelasnya.

Selain itu dari pihak panitia offroad sendiri menambahkan jika komunitas ini merupakan gabungan offroader se-Kabupaten Sumedang, yang menyumbangkan 50 besi bronjong kepada warga masyarakat Karangbungur, Eman Sumarya (Ajo) selaku ketua panitia mewakili dari komunitas offroad menambahkan kepada awak media.

"Bahwa acara ini yang biasa kami lakukan dengan kegiatan Baksos atau Bansos, kami dari komunitas offroad Kabupaten Sumedang bersama pak Dandim Kodim 0610 Sumedang, melakukan pemberian bantuan paket sembako dan besi bronjong kepada warga masyarakat karangbungur, dan alhamdulillah. Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB warga masyarakatnya sangat antusias sekali dengan penerimaan bantuan ini, dan kami sangat berterima kasih sekali atas terlaksananya acara ini," ucapnya.

Selain itu ungkapan terima kasih dari Kepala Desa Karangbungur Yayat Rudiatna kepada Dandim Kodim 0610 Sumedang dan Komunitas offroad Sumedang.

Baca juga: Koramil 1008 Buahdua Distribusikan Bantuan Beras ke Masyarakat

"Untuk kegiatan hari ini saya sangat berterima kasih sekali, dalam rangka kepedulian dan program dari pak Dandim bersama dengan Komunitas offroad Sumedang, dan juga kebetulan didalam komunitas offroad itu sendiri ada warga yang berasal dari sini Desa Karangbungur, sesuai dengan kejadian yang terjadi disini yaitu bencana, makanya ada penyaluran paket sembako dari pak Dandim kepada 15 warga yang terdampak gerusan banjir sungai Cikandung."

Adapun dari komunitas offroad membantu besi bronjong kurang lebih sebanyak 55 buah untuk penahan sungai Cikandung dari hulu dan juga mungkin kedepannya saya sudah menyampaikan tadi kepada bapak Dandim maupun komunitas offroad, bahwa langkah-langkah Desa dan upaya-upaya Desa Karangbungur, via birokrasi maupun kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Bandung, juga kepada bapak Bupati dan Kepala Dinas terkait atau PUPR.

Untuk permohonan bronjong sebanyak 150 buah guna memperkuat penahan sungai disaat musim penghujan sekalipun sudah ada pengerukan, penanggulangan disaat musim penghujan, dan alhamdulillah.. pada saat ini dengan patisipasi dari Pemdes, BPD, panitia penanggulangan yang didelegasikan oleh Desa dan seluruh warga masyarakat khususnya Dusun 3 Karangbungur, dengan antusias dan semangat sebagai ihktiar juga upaya. Semoga bencana ini merupakan bencana yang terakhir di Karangbungur," pungkasnya. (ris).

Editor : hadi

Peristiwa
Berita Terpopuler
Berita Terbaru