Upacara Penutupan Bhakti TMMD Menyerahkan Sembako Secara Simbolis

abadinews.id

Sidoarjo - Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 Kodim 0816 Sidoarjo resmi ditutup, Rabu (30/10/2019). TMMD Kodim 0816 Sidoarjo ditutup dengan upacara di Alun-alun Sidoarjo, bertindak sebagai inspektur upacara Komandan Lantamal V Surabaya, Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono.

Upacara penutupan TMMD dihadiri Satuan Jajaran Pangdam V Brawijaya, Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin, Ketua DPRD Sidoarjo, Usman, Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, para pimpinan OPD Pemkab Sidoarjo dan sejumlah tamu kehormatan lainnya.

Baca juga: Upacara Pembukaan TMMD ke-121 Tahun 2024 Kodim 0827 Sumenep di Lapangan Adirasa Sattoan

Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono menyampaikan kilas baik kegiatan TMMD yang berlangsung selama 39 tahun. Yakni sejak dilaksanakanpada Tahun 1980 diinisiasi Panglima TNI Jendral M Yusuf dengan sebuatan ABRI Masuk Desa (AMD).

"TMMD merupakan bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral, kementerian, lembaga, dan masyarakat sebagai upaya pemerintah mempercepat pembangunan nasional," katanya.

Selain itu, Tedjo Sukmono memaparkan upacara penutupan ini menandai berakhirnya program TMMD ke 106 dengan mengambil tema Melalui TMMD, Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Untuk Kesejahteraan Rakyat.

Baca juga: Irdam V/Brawijaya Tutup TMMD ke-120 Kodim 0816 Sidoarjo

"TMMD ini untuk menjawab aspirasi dan kebutuhan masyarakat setempat. Sehingga hasilnya diharapkan tepat sasaran," imbuhnya.

Soal program fisik TMMD 106 Kodim 0816 Sidoarjo, sukses dikerjakan antara lain pembangunan jalan, penguatan jalan dan jembatan, pembuatan afvour (irigasi), PJU di 30 titik, rehab SDN Kupang, program paving jalan dan tambahannya program RTLH Rumah tidak layak huni ada lebih 10 rumah. Selain itu ada pembangunan jambanisasi untuk warga yang belum mempunyai jamban 20 unit dan program non fisik seperti penyuluhan sanitasi, kesehatan, pertanian, wasbang dan lainnya.

"Bagi para prajurit dan personil Satgas, harus manfaatkan momentum TMMD ini untuk meningkatkan kemanunggalan dengan rakyat. Serta terus menumbuhkan semangat gotong-royong dan etos kerja keras di masyarakat," tegas Jenderal bintang satu ini.

Baca juga: TMMD ke-120 Kodim 0816/ Sidoarjo di Kunjungi Tim Wasev Mabes TNI AD

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengapresiasi pelaksanaan TMMD ke 106 Kodim 0816/Sidoarjo di Desa Kupang, Kecamatan Jabon. Menurutnya banyak kegiatan yang sangat positif digelar di TMMD. Tidak hanya memunculkan kembali semangat gotong-royong, tapi rasa kebersamaan antara TNI dan masyarakat kian kental.

"Semangat gotong-royong dan kebersamaan antara TNI dan masyarakat itu sangat penting agar tercipta kerja sama yang bernuansa kekeluargaan, persatuan dan kesatuan," tandasnya.

Seusai upacara penutupan TMMD ke 106 Kodim 0816/Sidoarjo, Dan Lantamal V Surabaya Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono didampingi Bupati Sidoarjo menyerahkan secara simbolis , sembako, trophy juara, penghargaan kepada perwakilan masyarakat. Acara dilanjutkan penijauan Bakti Sosial dan UMKM Binaan Kodim 0816 Sidoarjo.(Zeey).

Editor : Redaksi

Peristiwa
Berita Terpopuler
Berita Terbaru