Tradisi Bersih Desa Kupang Diramaikan Pagelaran Wayang

abadinews.id

Sidoarjo - Babinsa Desa Kupang Sekaligus Bawas TMMD ke 106 Sertu Sugianto dan personil satgas TMMD ke 106 Tahun 2019 Kodim 0816/Sidoarjo,menghadiri pagelaran kesenian daerah yaitu Wayang Kulit dalam rangka bersih Desa Kupang yang bertempat di balai desa Kupang, kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo.

"Selamatan desa atau biasa disebut dengan bersih desa adalah kegiatan syukuran yang dilakukan untuk membersihkan desa dari roh-roh jahat, serta upaya untuk menjauhkan desa dari segala mara bahaya," ucap kades Kupang,

Baca juga: Upacara Pembukaan TMMD ke-121 Tahun 2024 Kodim 0827 Sumenep di Lapangan Adirasa Sattoan

Selain itu, selamatan desa atau bersih desa juga di maknai sebagai bentuk rasa syukur masyarakat atas panen hasil bumi yang telah diperoleh.

Bentuk dari kegiatan selamatan desa sangat beragam, mulai dari mengadakan syukuran bersama baik di masjid maupun pendopo balai desa hingga menggelar pertunjukan kesenian-kesenian daerah.

Desa Kupang, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu desa yang mengadakan kegiatan bersih desa atau selamatan desa. Desa Kupang mengadakan beberapa rangkaian acara, di antaranya yaitu khataman Alquran, tasyakuran (tumpengan), serta pagelaran kesenian tradisional Wayang Kulit.

Pagelaran kesenian tradisional Wayang atau pertunjukan kesenian wayang kulit digelar di balai Desa Kupang, Sabtu malam 26/10/2019. Kelompok kesenian wayang kulit tersebut berasal dari Pacet, Mojokerto, dengan Ki Wardono sebagai dalangnya.

Baca juga: Irdam V/Brawijaya Tutup TMMD ke-120 Kodim 0816 Sidoarjo

Acara di mulai pukul 19.00-04.00. Warga desa Kupang sangat antusias dalam menyaksikan pagelaran kesenian tradisional wayang kulit yang diawali dengan Tari Remong dan dilanjut dengan penampilan cerita wayangan yang didalangi Mbah Wardono asal Pacettersebut.

Pagelaran kesenian tradisional wayang kulit yang ditampilkan memberikan pesan atau makna, dalam kehidupan ini orang harus tetap melakukan kebaikan kapanpun dan di manapun. Selain itu, orang juga harus tetap menjaga kerukunan dengan sesama.

Itu seperti yang disampaikan Kepala Desa Kupang Bapak Muhamad. “Saya berharap desa kita menjadi desa yang semakin baik, aman, sejahtera, serta selalu dilimpahi berkah, dan semoga kerukunan tetap terjaga,” katanya.

Baca juga: TMMD ke-120 Kodim 0816/ Sidoarjo di Kunjungi Tim Wasev Mabes TNI AD

Dan Babinsa Koramil 0816/08 Jabon sekaligus Bawas TMMD ke 106 Sertu Sugianto mengatakan, Pagelaran kesenian tradisional wayang kulit ini dipilih sebagai salah satu pertunjukan dalam acara selamatan desa itu sebagai upaya melestarikan dan menjaga budaya agar tetap dikenal masyarakat di tengah-tengah perubahan zaman yang semakin modern.

Selain itu, pagelaran kesenian tradisional wayang kulit ini memiliki banyak nilai yang bisa diambil di dalamnya, mulai dari rasa cinta terhadap budaya, kerukunan, kebaikan, dan sebagainya.

"Kegiatan berakhir dengan tertib dan aman, selanjutnya masyarakat dan tamu undangan pagelaran Wayang Kulit dalam rangka bersih Desa meninggalkan balai desa Kupang dengan penuh kegembiraan dan suka-cita," ucap Gufron salah satu perangkat desa Kupang, pada malam itu.

Editor : Redaksi

Peristiwa
Berita Terpopuler
Berita Terbaru