Abadinews.id, Surabaya - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya, berdasarkan data pada Jum'at (13/09) pukul 10.00 wib, mencatatkan sebanyak 22.566 pelanggan yang akan menggunakan KA jarak jauh pada Jum'at (13/09). Sedangkan pelanggan pada Sabtu (14/09), tercatat 17.439 pelanggan.
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menyebutkan bahwa pelanggan pada Jum'at (13/09) meningkat 27% dibanding periode yang sama Minggu sebelumnya, atau meningkat 4.748 pelanggan. Sedangkan pelanggan KA jarak jauh pada Sabtu (14/09) meningkat 15% dibanding periode yang sama Minggu sebelumnya, atau naik 2.142 pelanggan.
Baca juga: 48.000 Tiket Telah Dipesan di Masa Libur Nataru, Segera Pesan Sebelum Kehabisan
Adapun stasiun dengan pelanggan KA jarak jauh terbanyak yang berangkat pada Jum'at (13/09), yakni : Stasiun Surabaya Gubeng : 7.989 pelanggan, Stasiun Surabaya Pasarturi : 6.502 pelanggan, Stasiun Malang 3.094 pelanggan, dan diikuti stasiun lain di wilayah Daop 8 Surabaya.
"Data ini akan terus meningkat karena penjualan tiket masih terus berlangsung selama ketersediaan tempat duduk masih ada," tuturnya.
Baca juga: Jelang Nataru 2024/2025, DJKA Kemenhub Periksa Sarana dan Fasilitas KAI Daop 8
Luqman Arif menambahkan, para pelanggan mayoritas didominasi pelanggan dengan tujuan Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Jember dan Banyuwangi. Adapun 5 KA paling favorit pelanggan di Daop 8 Surabaya yakni :
1. KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi - Pasarsenen;
2. KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng - Yogyakarta;
3. KA Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng - Bandung;
4. KA Malabar relasi Malang - Bandung;
5. KA Tawangalun relasi Malang Kotalama - Banyuwangi.
Bagi calon pelanggan yang akan melakukan perjalanan dengan kereta api, untuk memastikan kembali jadwal perjalanan sesuai yang tertera pada tiket. Sediakan juga waktu tempuh yang cukup untuk menuju stasiun agar tidak tertinggal perjalanan KA.
Baca juga: PT KAI Komitmen Perhatikan Keselamatan dan Keamanan Perjalanan Kereta Api
"Kepada calon pelanggan wajib mematuhi seluruh aturan yang berlaku saat berada di stasiun maupun diatas KA, agar dapat tercipta perjalanan KA yang selamat, aman, dan nyaman," jelasnya.
Informasi tentang ketersediaan tiket KA dapat diakses melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya.(4U)
Editor : Hadi