Siswa Dikspespa TNI AL 2022 Ikuti Tradisi Orientasi

avatar abadinews.id
Danpusdikbanmin Kolonel Laut (S) l Made Gede Budiartha lakukan tradisi Orientasi
Danpusdikbanmin Kolonel Laut (S) l Made Gede Budiartha lakukan tradisi Orientasi

Abadinews.id, Kodiklatal. Surabaya - Resmi diterima menjadi keluarga besar Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin), siswa program Pendidikan Spesialisasi Perwira (Dikspespa) TNI AL TA 2022 Pusdikbanmin melaksanakan tradisi orientasi yang dibuka langsung oleh Komandan Pusdikbanmin, Kolonel Laut (S) I Made Gede Budiartha di Lapangan Plaza Pusdikbanmin, Ksatrian Kodiklatal Surabaya, Jum'at (10/06/22).

Ditandai penyematan pita kepada salah satu perwakilan siswa oleh Danpusdikbanmin, acara penerimaan dan pembukaan orientasi diikuti 42 orang siswa dengan spesialisasi meliputi Dikspespa Suplai, Personel, Pendidikan, dan Hukum. Menurut agenda, selama 5 sampai 6 bulan kedepan para pasis akan menempuh pendidikan spesialisasi di pusdik yang berada dibawah jajaran Komando Pendidikan Umum (Kodikdukum) tersebut.

Baca Juga: Ketua DPD RI Lepas Pawai Fajar 1 Muharram 1446 Hijriyah

Sementara itu Danpusdikbanmin dalam amanatnya menyampaikan tentang pentingnya nilai-nilai tradisi dari pelaksanaan orientasi yang dilakukan para siswa. “Orientasi ini bukan sekedar seremonial saja, namun merupakan kegiatan untuk memupuk rasa senasib, sejiwa dan sepenanggungan yang disebut Jiwa Korsa,” jelas Danpusdikbanmin.

Baca Juga: Kaskoarmada ll Buka Sosialisasi Lapor SPT Tahunan di Mako

Lebih lanjut Ia mengatakan apabila siswa menjalani kegiatan orientasi ini dengan penuh keikhlasan, dan dilandasi kebersamaan, maka dapat merekatkan hubungan antar siswa maupun antara siswa dengan pembimbing siswa yang mewakili lembaga sekolah.

Di akhir amanatnya, Kolonel Made Gede Budiartha menegaskan kepada seluruh siswa Dikspespa Pusdikbanmin Tahun 2022 agar mengembangkan kemampuan diri, serta menumbuhkan motivasi mereka dalam rangka mencapai tingkat profesionalisme matra laut. “Menjadi prajurit yang bermoral, profesional dan berani hanya dapat terlaksana secara efektif apabila disertai kemauan dan kerja keras, agar siswa sekalian nantinya menjadi perwira yang tanggap, tanggon dan trengginas sesuai harapan pemimpin TNI AL,” terang Danpusdikbanmin.

Baca Juga: Peringati HUT ke-78 TNI AL, Lanal Banyuwangi Gelar Prokasih

Tradisi orientasi yang berlangsung selama satu hari penuh tersebut diisi dengan sejumlah kegiatan, diantaranya diawali dengan penyiraman air bunga kepada setiap siswa sebagai simbol doa restu agar lancar dan sukses menempuh pendidikan di Pusdikbanmin. Kemudian dilanjutkan kegiatan fisik dan pengenalan lingkungan Kodiklatal. Dalam kesempatan tersebut ikut hadir para Kabag, Kama, Komandan Sekolah di jajaran Pusdikbanmin, serta para perwira pembimbing siswa.(AD1)

Editor : hadi

abadinews.id horizontal

Berita Lainnya

abadinews.id horizontal