Audit Kinerja Itjenal di Jajaran Kodiklatal Resmi Ditutup

avatar abadinews.id
Inspektur Kodiklatal Brigjen TNI Mar Amir Faisol saat memberikan sambutan
Inspektur Kodiklatal Brigjen TNI Mar Amir Faisol saat memberikan sambutan

Abadinews.id, Surabaya - Audit kinerja dari Inspektorat Jenderal TNI Angkatan Laut (Itjenal) dijajaran Satuan Kerja (Satker) Komando Pembinaan Doktrin pendidikan dan latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) secara resmi ditutup. Penutupan tersebut ditandai dengan pembacaan Taklimat akhir oleh Inspektur Kodiklatal Brigjen TNI Mar Amir Faisol mewakili Komandan Kodiklatal di Ruang Joglo Moeljadi Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Jum'at (25/03).

Hadir dalam pembacaan taklimat akhir Kapokgadik Kodiklatal Laksma TNI Zulkifli Mahmud, para Direktur Kodiklatal, para Komandan Kodik dan para Komandan Puslat dijajaran Kodiklatal. Sementara dari Itjenal hadir Irum Itjenal Laksma TNI Didik Firmanto, S.E., M.M., M.Han ., M.Tr. Opsla selaku pengendali taknis dan Ketua Tim Audit.

Baca Juga: Ketua DPD RI Lepas Pawai Fajar 1 Muharram 1446 Hijriyah

Kegiatan Audit Kinerja Itjenal TA 2022 di Satker Kodiklatal ini merupakan tindak lanjut prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, berkaitan peningkatan program dan anggaran berbasis kinerja dan berorientasi hasil yang mendukung penguatan Reformasi Birokrasi (RB).

Dankodiklatal Letnan Jenderal Marinir Suhartono dalam amanat yang dibacakan Ir Kodiklatal menyampaikan tidak terasa, sudah 18 hari pelaksanaan audit kinerja Itjenal di Kodiklatal, selaku Komandan Kodiklatal, dirinya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Irjenal beserta tim audit kinerja Itjenal atas kerja sama yang terjalin dengan baik selama pelaksanaan audit kinerja di Kodiklatal.

Menurutnya dari evaluasi hasil audit kinerja yang telah disampaikan tadi, Dankodiklatal menilai merupakan masukan positif bagi peningkatan kinerja Kodiklatal, baik secara organisasi, program, fungsi atau kegiatan di lingkungan TNI AL khususnya Kodiklatal.

Baca Juga: Kaskoarmada ll Buka Sosialisasi Lapor SPT Tahunan di Mako

Karena maksud tujuan dari audit kinerja oleh Itjenal selaku Aparat pengawasan Intern Pemerintah (APIP) TNI AL, bukan untuk mencari kesalahan, namun untuk melihat kesesuaian antara pelaksanaan dengan dokumen acuan dan perencanaan serta pengecekan kelengkapan terhadap dokumen pertanggungjawaban sebagai upaya peningkatan sistem manajemen dan perbaikan yang berkelanjutan.

Sehubungan dengan hal tersebut, kepada para pejabat dan seluruh staf kodiklatal selaku entitas, Dankodiklatal perintahkan segera menindaklanjuti hasil evaluasi, arahan dan saran tindak yang telah disampaikan oleh tim audit kinerja Itjenal, sehingga ke depan kita mampu melaksanakan pengelolaan keuangan negara secara transparan dan akuntabel guna melaksanakan tugas dan fungsi organisasi secara efektif, efisien serta taat kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga: Peringati HUT ke-78 TNI AL, Lanal Banyuwangi Gelar Prokasih

Sementara itu sebelum penutupan Audit, Irum Itjenal Laksma TNI Didik Firmanto, S.E., M.M., M.Han ., M.Tr. Opsla selaku pengendali teknis dan Katim Audit menyampaikan ucapan terimakasih atas terlaksananya audit secara tertib dan aman dengan mengedepankan kode etik pengawasan intern TNI AL.

Dalam kesempatan tersebut Irum Itjenal menyampaikan ada beberapa temuan selama pelaksanaan Audit kinerja di bawah Satker Kodiklatal. Berkaitan dengan temuan tersebut agar Satker Kodiklatal melaksanakan perbaikan adminstrasi 14 hari semenjak penerimaan Tabulasi hasil temuan Wasrik dari Itjenal.(AD1)

Editor : hadi

abadinews.id horizontal

Berita Lainnya

abadinews.id horizontal