Koramil 1001/SU, Kodim 0610 Sumedang Gelar Karya Bhakti Pasca Bencana Tanah Longsor

avatar abadinews.id
Saat pelaksanaan Karya Bhakti pasca bencana longsor di Desa Jatimulya
Saat pelaksanaan Karya Bhakti pasca bencana longsor di Desa Jatimulya

Abadinews.id, Sumedang - Koramil 1001/Sumedang Utara, Kodim 0610/Sumedang gelar karya bhakti pasca bencana tanah longsor di bencana Longsor, bertempat di Perum Asabri Sindang Taman RT. 03, RW. 05, Desa Jatimulya, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedan, Provinsi Jawa Barat, Sabtu (19/03/22).

Dipimpin langsung oleh Danramil 1001/Sumedang Utara Kapten Inf Dede Baharudin bersama 10 anggota Babinsa serta seluruh warga melaksanakan kerja bakti khususnya pembersihan di wilayah sekitar yang terkena dampak bencana.

Baca Juga: Polres Bondowoso Apel Gelar Pasukan Penanganan Bencana Hindrometeorologi

”Kondisi saat ini sedang dalam musim hujan dan rawan akan terjadinya bencana longsor, banjir serta bencana alam lainnya, seperti yang terjadi di Perum Asabri saat ini, longsor setelah hujan mengguyur wilayah Kecamatan Sumedang Utara khususnya di Kabupaten Sumedang,” ujar Danramil.

Menurutnya, melalui kerja bakti ini diharapkan dapat mempererat tali persaudaraan dan hubungan antara TNI dengan rakyat terjalin semakin baik, kepedulian Babinsa dengan warga di wilayah binaan harus terus ditunjukkan, seperti halnya sekarang ini anggota Koramil 1001/Sumedang Utara bahu-membahu bersama masyarakat melaksanakan kerja bakti bersihkan material longsor.

Lebih lanjut Danramil menyampaikan, Kondisi cuaca dalam beberapa hari terakhir memang kurang bersahabat, hal ini mengakibatkan adanya tanah longsor di beberapa daerah wilayah Kabupaten Sumedang diantaranya Desa Jatimulya Sumedang Utara.

Baca Juga: Petugas Gabungan Atasi Tanah Longsor di Kedewan Lakukan Pembersihan dan Bansos

Ia berharap kehadiran anggota TNI - Polri, dan unsur Pemerintah lainnya bisa membuat warga desa semakin semangat dalam kerja bakti.

“Alhamdulilah, hari ini longsoran tanah sudah sebagian dibersihkan, pembuatan pancang bambu penyangga atau penahan tanah, dan membuat parit saluran air juga selesai dikerjakan, Deni sebagai perwakilan warga masyarakat sangat berterimakasih dengan kehadiran anggota Koramil 1001/Sumedang Utara yang telah membantu dan memotivasi warga dalam melaksakan pembersihan material longsor ini, semoga material longsor ini dapat segera di bersihkan,“ ujar Kapten Inf Dede Baharudin.

Baca Juga: Dampak Hujan Lebat, Polres Ponorogo Beri Bantuan Sembako ke Korban Tanah Longsor

Danramil juga juga menghimbau meskipun kini kondisi wilayah masih belum normal pasca bencana longsor, akan tetapi masyarakat harus tetap semangat dan waspada.

Kegiatan dihadiri oleh, Danramil 1001/Smd Utara Kapten Inf Dede Bahrudin, Daposmil Sumedang Selatan Peltu Aji Purwana, Panit 1 Sampta Ipda Gugun Gunawan, Kasi Trantib Kecamatan Sumedang Utara, H. Entas Sutrisno, S.I.P, Kades Entis Sutisna, S.sos, Babinsa Desa Jatimulya Serda Dayat Hidayat, Babinkamtibmas Bripka Riri, Polsek Sumedang Utara 5 Orang, Satpol-PP 2 Orang, Kadus Nurul, Warga masyarakat sebanyak 15 orang.(RIS)

Editor : hadi

abadinews.id horizontal

Berita Lainnya

abadinews.id horizontal