Karang Taruna Desa Daleman Dongkrak Kemajuan Literasi Pemuda

avatar abadinews.id
PJU Desa Daleman
PJU Desa Daleman

Sampang, Abadinews.id ~ Upaya mendongkrak kemajuan literasi pemuda desa Daleman, melalui Karang Taruna Parhjhugâ launching perpudes, acarayang digelar di kantor desa Daleman pada Kamis (05/11/20).

Ini merupakan inisiatif para Karang Taruna Parjhuga untuk mendukung gerakan gemar membaca dalam mewujudkan Sampang hebat bermartabat, Yang di hadiri kepala desa Daleman, Camat Kedungdung, kepala dinas Perpusda, karang taruna Daleman.

Camat Kedungdung, M. Sulhan mengucapkan, terimakasih kepada pemuda Daleman sebagai inisiator dalam pengadaan Perpus tersebut.

Di desa Daleman ini satu-satunya Karang Taruna yang berkolaborasi dengan dinas perpustkaan daerah," tandasnya.

Selain itu ia menambahkah, Karang Taruna Daleman, merupakan satu-satunya kelompok pemuda yang mempelopori pengadaan perpusdes se-Kecamatan Kedungdung. Pihaknya berharap agar ada kegiatan yang sama dari desa lainnya.

"Ini merupakan kegiatan pertama Karang Taruna yang ada di kedungdung ini, yaitu menyediakan perpusdes yang berkordinasi dengan dinas terkait semoga bisa diikuti oleh karang taruna yang lain," tambahnya.

Kepala Dinas Perpusda Sampang, melalui Kasie Pelayanan, Holil. menuturkan, "Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama di Kedungdung, peran perpustakaan dan pendidikan sangat berpengaruh untuk mewujudkan Sampang hebat bermartabat. Karena itu pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini."

Berbicara sampang hebat dan bermartabat maka tidak akan bisa lepas dari pendidikan, maka hal itu sangat berkaitan dengan perpustakaan.

Selain menyediakan buku untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai jenjang SMA, perpusda Sampang berkolaborasi dengan Rumah Pintar untuk memfasilitasi usia dini.

"Maksud kami mengundang anak-anak disini, kami ada rumah pintar, itu merupakan rujukan PAUD di Sampang. Ini bisa di pakai kami juga bisa diundang gratis karena kami sudah difasilitasi oleh Pemerintah."

Ia berharap kegiatan ini lancar dan berkelanjutan serta ada desa yang ikut berpartisipasi mengadakan kegiatan serupa, ujarnya.

Muis Pranoto menyapaikan, hal yang melatar belakangi keinginan itu, karena kurang terekposnya Desa Daleman di tingkat Kabupaten. Sedangkan menurutnya, banyak generasi yang sangat berpotensi sebagai generasi unggul di desanya.

Mengapa inisiatif ini sangat kuat, karena saya yakin di sampang ini tidak kenal desa Daleman, paling yang dikenal Gunung Eleh. Padahal Daleman ini mempunyai potensi luar biasa.

Di desa Daleman ada sekitar enam puluh pemuda yang tercatat sebagai mahasiswa aktif dan ada beberapa putra daerah yang menjadi tokoh penting dari tingkat daerah sampai Nasional, ada sekitar 60 mahasiswa saat ini, rata-rata semuanya berpotensi untuk memajukan desa.

Dengan adanya perpusdes yang di bentuk. Desa Daleman akan mampu melahirkan putra-putri terbaik yang mampu bersaing di semua bidang.

"Di Daleman ini banyak yang sudah menjadi orang penting, ada mas Mawardi sekarang jadi anggota DPR RI, mas Alianto komisioner KPU Sampang, dan masih banyak orang penting lainnya yang lahir dari Daleman ini. Maka itu saya yakin dengan launchingnya perpusdes ini akan melahirkan genarasi yang juga akan mampu bersaing, harapan kami semoga ini lancar dan menjadi embrio pada yang lain," tutupnya.

(Udin)

Editor : hadi

abadinews.id horizontal

Berita Lainnya

abadinews.id horizontal