Asah Naluri Tempur, Siswa Pusdiktek Kodiklat TNI AL Latihan Menembak

avatar abadinews.id
Siswa Pusdiktek Kodiklatal saat latihan menembak asah naluri tempur
Siswa Pusdiktek Kodiklatal saat latihan menembak asah naluri tempur

Surabaya, Abadinews.id - Dalam rangka mengasah naluri tempur sekaligus meningkatkan profesionalisme bidang penggunaan senjata ringan, sebanyak 71 orang siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan XLI/1 yang sedang menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Kodiklatal menggelar latihan praktek menembak senjata ringan di Lapangan Tembak J.W Kaimana Kodiklatal Pesapen Surabaya, Rabu (29/12/21).

Lattek menembak senjata ringan laras panjang SS1-M1 tersebut dengan Instruktur dari Sekolah Komando Pasukan Katak (Sekopaska) Pusat Pendidikan Khusus (Pusdiksus) Kodiklatal. Bertindak sebagai Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) dalam Lattek tersebut Komandan Sekolah Bintara (Danseba) Pusdiktek Letkol Laut (T) Sungkono, A.Md.

Baca Juga: Ketua DPD RI Lepas Pawai Fajar 1 Muharram 1446 Hijriyah

Disela sela pelaksanaan latihan, Palaklat Lattek Menembak Letkol Laut (T) Sungkono, A.Md menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya latihan menembak laras panjang ini untuk membekali para siswa agar dapat melaksanakan prosedur dalam menembak senapan laras panjang dan selanjutnya dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan TNI AL. “Lattek yang dilaksanakan di lapangan tembak J.W Kaimana ini merupakan aplikasi di lapangan sebenarnya setelah para siswa mendapatkan pelajaran teori di kelas,” jelasnya.

Baca Juga: Kaskoarmada ll Buka Sosialisasi Lapor SPT Tahunan di Mako

Sasaran yang ingin dicapai dalam latihan ini, setelah selesai latihan diharapkan siswa mengetahui data teknis senjata, mampu melaksanakan prosedur bongkar pasang senjata, mampu mengatasi gangguan ringan dan mengamanan senjata bila terjadi trobel dan mengetahui bermacam-macam sikap dalam menembak serta memahami teknik membidik.

Baca Juga: Peringati HUT ke-78 TNI AL, Lanal Banyuwangi Gelar Prokasih

Dalam latihan ini, terbagi beberapa tahap di antaranya tahap persiapan meliputi penjelasan Pelatih tentang situasi lapangan tembak, penyusunan gelombang penembak berkekuatan maksIMAL 15 orang siswa per gelombang, pemberian blangko penilaian dan penekanan disiplin dalam lapangan guna keamanan selama latihan sesuai dengan prosedur di lapangan tembak.(Bejo)

Editor : hadi

abadinews.id horizontal

Berita Lainnya

abadinews.id horizontal