Ketua Persit KCK Koorcab Rem 084 Resmikan Posbindu PTM Kodim Sampang

avatar abadinews.id
Ketua Persit KCK Resmikan posbindu PTM
Ketua Persit KCK Resmikan posbindu PTM

Sampang, Abadinews.id - Langkah cerdik tanggulangi penyakit menular, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Rem 084 PD V/Brawijaya Ny Tutik Herman meresmikan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu-PTM) dan didampingi Ketua Persit KCK Cabang XIVII Dim 0828, Ny Vivit Yaser Kalsum ,yang berlangsung di Asrama Kantor Persit Dim 0828/Sampang, Kamis (11/11/21).

Posbindu PTM Kodim 0828/Sampang merupakan upaya dan sarana dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan serta pengendalian kesehatan masyarakat terhadap risiko penyakit tidak menular yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik.

Baca Juga: Pererat Silaturahmi dengan Rakyat, TNI Gelar Bhakti Kesehatan Massal

Seperti yang disampaikan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 084 PD V/Brawijaya Ny Tutik Herman dalam sambutanya, Posbindu bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan deteksi dini resiko penyakit tidak menular sehingga kejadian PTM dapat di tekan.

Ia mengungkapkan, salah satu faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) meliputi kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, dan hiperkolesterol.

"Jadi yang perlu diingat dalam penangulangan PTM adalah dengan langkah ‘CERDIK’ yaitu Cek kesehatan secara berkala, hilangkan asap rokok, Rajin beraktifitas fisik, Diet yang baik dan seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kelola stress,” tuturnya.

Baca Juga: Korem 084/BJ Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW 1446 H / 2024 M

Sementara itu Ketua Persit KCK Cabang XLVII Dim 0828 Ny. Vivit Yaser Kalsum menambahkan bahwa pendirian Posbindu PTM ini untuk mendukung program-program Pemerintah khususnya bidang kesehatan.

“Alhamdulilah, akhirnya pendirian Posbindu PTM terwujud, semoga memberikan manfaat dengan harapan berdirinya Posbindu ini kesehatan warga di lingkungan asrama Kodim 0828/Sampang Khususnya dapat terpantau dengan baik dan tentunya tetap menerapkan Protokol Kesehatan yang sangat ketat, untuk mengantisipasi potensi penularan Covid-19,” jelasnya.

Baca Juga: Berbagai Instansi Bersatu saat Latihan Penanggulangan Bencana

Setelah meresmikan Posbindu PTM Kodim 0828/Sampang, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Rem 084 PD V/Brawijaya Ny. Tutik Herman melakukan peninjauan kegiatan yang dilaksanakan oleh kader kesehatan di Posbindu diantaranya wawancara terarah guna mengidentifikasi riwayat penyakit tidak menular, pengukuran berat badan tinggi badan lingkar perut, analisa lemak tubuh dan Indek Massa Tubuh (IMT) dan pemeriksaan tekanan darah serta penyuluhan.

Kegiatan peresmian tersebut juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sampang, Kepala Puskesmas Kamoning Kab. Sampang, Kepala Poskes Kodim 0828/Sampang serta Kader Dokter Posbindu PTM.(Bejo)

Editor : hadi

abadinews.id horizontal

Berita Lainnya

abadinews.id horizontal