Talkshow Peringatan HKJS HIMPSI Kota Malang

avatar abadinews.id
Pemenang lomba dari HIMPSI
Pemenang lomba dari HIMPSI

Malang, Abadinews.id - Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) di peringati setiap tanggal 10 Oktober di setiap tahunnya, setiap Tahun HIMPSI Cabang Malang menyajikan berbagai acara untuk memeriahkan HKJS. Pada HKJS tahun 2021 ini dilakukan secara parade selama dalam satu minggu. Tema yang di usung “Mental Health In An Unequal World” dengan Sub Tema nasional “Kesetaraan Dalam Kesehatan Jiwa Untuk Semua,” Tema ini di usung dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya Kesehatan Jiwa.

Pada acara Talkshow “Kesehatan Jiwa Terjaga Keluarga Bahagia,” HIMPSI Cabang Malang mendatangkan Muamilah Ani Solichah, M.Psi, Psikolog (Psikolog Klinis) dan Mawar Firdausi (Influencer, Ibu 5 Anak) sebagai narasumber. Dalam talkshow tersebut di jelaskan dari sudut pandang psikologi, salah satunya yaitu betapa pentingnya komunikasi yang sehat antar anggota keluarga untuk menjaga keharmonisan serta menciptakan keluarga yang bahagia. “Kunci keluarga bahagia adalah komunikasi dan dukungan antar anggota keluarga baik suka dan duka,” papar Muamilah Ani Solichah, Minggu (07/11/21).

Baca Juga: Kakang Mbakyu Kota Malang Ramaikan Festival Dolanan di Kampung Dolan

Hal ini pun di perkuat dengan pernyataan narasumber Mawar Firdausi (influencer) bahwa selama pengalamannya berkeluarga dengan memiliki 5 orang anak yang jarak kelahirannya berdekatan, maka support dari pasangan adalah salah satu kunci yang menjadikan beliau dapat dengan cekatan mengasuh 5 anak. “Banyak cara yang dapat dilakukan bersama dalam mengasuh anak-anak sambil bekerja, caranya saling bantu dan pengertian sekaligus berbagi peran,” ungkap Mawar yang masih menyempatkan diri untuk bekerja.

Baca Juga: Finalis Kakang Mbakyu Kota Malang Ramaikan Festival Buk Gluduk

Acara Tolkshow merupakan rangkian dari peringatan HKJS 2021 Himpsi Cabang Malang dengan menyajikan berbagai acara diantaranya: Tiktok Challenge untuk keluarga Se Malang Raya, Mental Health Poster Challege untuk Mahasiswa Se Malang Raya, Pelatihan PFA bagi anggota Polres Kota Malang dan Acara puncak penutup serangkaian acara HKJS 2021 yaitu Talkshow Ketahanan Keluarga dengan tema “Kesehatan Jiwa Terjaga Keluarga Bahagia.” Tema ini di usung untuk seluruh masyarakat agar dapat meningkatkan kepedulian akan pentingnya isu-isu kesehatan jiwa terutama dalam keluarga.

Dalam talkshow yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam yang di moderator oleh Ratih Damayanti secara virtual, di hadiri juga oleh Ketua HIMPSI Cabang Malang, dan juga jajaran pengurus Himpsi Cabang Malang serta para peserta talkshow maupun peserta challenge yang di adakan sebelumnya. Rangkaian acara yang di kemas menarik menjadikan para peserta antusias ketika sesi bertanya di buka oleh moderator.

Baca Juga: Dikbud Kota Malang Gelar Anugrah Insan Budaya di Hari Pahlawan

Setelah sesi Tolkshow diumumkan pemenang lomba Tiktok bikin videonya dengan gerakan yang sesuai dengan kreasi kata-kata, kostum atau hal kreatif lainnya yang terkait tema dengan tetap mengutamakan kesopanan dan tidak mengandung unsur pornografi, SARA dan politik ataupun simbol-simbol yang mengarah pada hal tersebut. Pengumuman Lomba Poster merupakan karya orisinil juga disampaikan dala Tolkshow yang rata rata diikuti peserta dari perorangan atau kelompok mahasiswa psikologi dari UB, UIN, UM, UMM, UNIGA, UNIRA dan UNMER.(Er)

Editor : hadi

abadinews.id horizontal

Berita Lainnya

abadinews.id horizontal