Parade Jajanan Lawas Kampung Heritage Kajoetangan

avatar abadinews.id
Kampung heritage kajoetangan menyajikan jajanan lawas
Kampung heritage kajoetangan menyajikan jajanan lawas

Malang, Abadinews.id - Ada yang unik kali ini di Kampoeng Heritage Kajoetangan, gelaran event yang biasa di lakukan di plataran ombo atau di sudut gang-gang KJT Kelurahan Kauman Kecamatan Klojen Kota Malang. Sabtu (30/10) kali ini di adakan di sepanjang bantaran sungai Kayutangan. Event itu namanya Parade Jajanan Lawas Ke-2 yang merupakan rangkaian 27 Virtual Event Kampung Tematik Kota Malang.

Mila Kurniawati Ketua Pokdarwis KJT menyampaikan, “Parade kali ini di pinggir sungai karena ingin menunjukan bahwa sungai KJT bersih dan trotoar sungai bisa di manfaatkan untuk event dan pasar jajanan lawas di KJT.” Kini sungai Kayutangan menjadi sport baru untuk Selfi dan susur Kali kayutangan, selain paket susur kampung, paket medayoh dan paket kerontjongan nang Kajoetangan untuk wisata di Kampoeng Heritage Kajoetangan.

Baca Juga: Kakang Mbakyu Malang, Wilujeng Kamulyan Bangkitkan Kampung 1000 Topeng

“Ada onde-onde, sawut, cenil, orem-orem, dadar gulung, minuman jamu, rempah rempah dan yang ngak kalah menarik ada roti om biku roti jaman londo yang masih di produksi di KJT, tutur Mila saat kepada pemandu acara Mouzza zeee Ledies Bikers dan MC Afrilia Wijayanti dari Forkom Pokdarwis Kota Malang saat Parade Jajanan Lawas #2 KJT berlangung.

Baca Juga: Kakang Mbakyu Kota Malang Hadiri Festival Panawijen KBP

Hadir pada Parade Jajanan Lawas #2 KJT Fitria Neverita Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Disporapar Kota Malang mengapresiasi, “Menghidupkan kenangan di kampung kayutangan ini gampang, ternyata cukup dengan menggerakkan ibu-ibu PKK.” Sambut ibu ibu yang mendominasi acara ini. Kami berharap wisata di Kampung Kayutangan ini kolaborasi dengan ibu-ibu PKK kalau soal jajanan lawas karena mereka adalah ahlinya, jelas Fitria yang juga Ketua TP PKK Kecamatan Kedungkandang.

Acara makin seru selain pengujung melihat langsung proses pembuatan jajan lawas di lokasi, pengunjung juga diajak keliling mengarak jajanan lawas di sepanjang bibir sungai. Tampil di depan Ki Demang yang memimpin Parade Jajanan Lawas bersama Pokdarwis KJT. “ini menarik, dan bisa menjadi menu paket wisata KJT bahwa sebelum meniknati jajanan, ini di kelilingkan kampung sekaligus mengajak orang kampung sebagai penanda kebersamaan,” terang Ki Demang Ketua Forkom Kampung Tematik Kota Malang.

Baca Juga: Kakang Mbakyu Kota Malang Ramaikan Festival Dolanan di Kampung Dolan

Dalam sambutan virtual, Kepala Disporapar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni menyampaikan, “Kedepan jajanan ini tidak hanya di karak di dalam kampung, tapi memungkinkan di karak di sepanjang koridor kayutangan.” Dan ini akan menjadi menu destinasi wisata ke KJT yang berada dalam kawasan Cagar Budaya Kota Malang jika kondisinya sudah normal kembali untuk wisata. Kampung tematik sebagai kampung wisata di Kota Malang sudah boleh buka kembali karena sudah dilengkapi dengan Protokol Kesehatan, PeduliLindungi dengan RQCode, tutupnya.(Er)

Editor : hadi

abadinews.id horizontal

Berita Lainnya

abadinews.id horizontal