Kodiklatal Gelar Patroli Kesehatan Tingkatkan Pemahaman Siswa Dikmaba

avatar abadinews.id
Danpusdikkes Kodikdukum Kolonel Laut (K) drg. Ketut Triwanto saat memberikan pengarahan
Danpusdikkes Kodikdukum Kolonel Laut (K) drg. Ketut Triwanto saat memberikan pengarahan

Kodiklatal Sidoarjo, Abadinews.id - Dalam upaya meningkatkan pemahaman kesehatan, tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) menggelar patroli kesehatan dengan sasaran Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan Ke-41 Gelombang 2 yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Kodiklatal yang berlokasi di Juanda Sidoarjo, Senin (01/11/21).

Patroli Kesehatan ini dibawah Koordinator Komandan Pusat Pendidikan Kesehatan (Danpusdikkes) Kodikdukum Kolonel Laut (K) drg. Ketut Triwanto, Sp. Ort, sekaligus menjabat Dansatgas penanggulangan Covid-19 Kodiklatal.

Baca Juga: Ketua DPD RI Lepas Pawai Fajar 1 Muharram 1446 Hijriyah

Dalam kesempatan tersebut Danpusdikkes Kolonel Laut (K) drg. Ketut Triwanto, Sp. Ort, menyampaikan bahwa patroli kesehatan ini dengan target para siswa Dikmaba Angkatan Ke-41 Gelombang 2 karena siswa ini sebelumnya dari masyarakat sipil dan baru saja masuk mengikuti pendidikan dasar keprajuritan di Puslatdiksarmil Kodiklatal.

Baca Juga: Kaskoarmada ll Buka Sosialisasi Lapor SPT Tahunan di Mako

Adapun patroli ini bertujuan untuk membekali para siswa mengenai pemahaman virus Covid 19, pemahaman Heat Stroke, pemahaman Bantuan Hidup Dasar (BHD) dan proses Evakuasi Medis. Untuk kelancaran pemahaman materi, tim Kesehatan Kodiklatal turut menyertakan Alat Instruksi berupa boneka manekin, tandu dan sketsel berisi materi BHD, Heat Stroke dan proses evakuasi pasian pertama dari lokasi kecelakaan hingga menuju Rumah Sakit bila harus di rujuk ke Rumah Sakit.

Agar efisien waktu dan pelaksanaan para Siswa Dikmaba ini dibagi dalam empat kelompok dan mendapat materi secara bergantian. Untuk materi virus Covid 19 disampaikan oleh Letkol Laut (K) M Nurdin, meteri Heat Stroke disampaikan oleh Kapten Laut (K)Joko Edi Siswanto , materi Bantuan Hidup Dasar oleh Kapten Laut (K) Mawan Chusaini dan proses Evakuasi disampaikan oleh Serka Rum Bambang.

Baca Juga: Peringati HUT ke-78 TNI AL, Lanal Banyuwangi Gelar Prokasih

Selain memberikan berbagai materi kesehatan dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan tanya jawab yang diikuti secara antusias para siswa Dikmaba Angkatan Ke-41 Gelombang 2.(Bejo)

Editor : hadi

abadinews.id horizontal

Berita Lainnya

abadinews.id horizontal