Gelar Vaksinasi, Puskesmas Hariang Bersinergi dengan Polsek Buahdua

avatar abadinews.id
Tampak Kapolsek Buahdua bersama Kepala Puskesmas Hariang sedang berkoordinasi di lokasi pelaksanaan kegiatan vaksinasi Door to Door Dusun Tonjong
Tampak Kapolsek Buahdua bersama Kepala Puskesmas Hariang sedang berkoordinasi di lokasi pelaksanaan kegiatan vaksinasi Door to Door Dusun Tonjong

Sumedang, Abadinews.id - Forkopimcam Buahdua Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, menekankan angka Covid-19 dengan cara dilaksanakannya vaksinasi Door to Door oleh pihak satgas UPTD Puskesmas Hariang bersinergi dengan Polsek, yang dimulai pada pukul 08.00 WIB hadir pula Kapolsek Buahdua AKP Sutrisno serta Bhabinkamtibmas Aipda Asep Muhamad Ayub dan anggota, Kepala Puskesmas Hariang Siti Nur Asiyah S.K.M. M.K.M., staf Desa Yuyun Gilang bersama Usep Supena yang membantu untuk pelaksanaan vaksinasi ke seluruh Dusun-Dusun di Desa Hariang untuk menyisir warga yang belum melakukan vaksin dosis 1 maupun dosis 2 di Wilayahnya.

Wilayah tersebut potensi masyarakatnya sudah mencapai 85% sudah melakukan vaksin dosis 1 maupun 2, adapun warga yang tidak bisa melakukan vaksin dikarenakan dengan alasan tertentu yang mungkin dalam keadaan sakit ataupun sedang dalam keadaan hamil yang tidak memungkinkan untuk divaksin pada hari ini Sabtu (30/10/21).

Baca Juga: Babinsa Koramil 0831/01 Bersama Tiga Pilar Giat Vaksinasi Door to Door

Adapun jumlah sasaran yang belum bisa untuk divaksin dengan alasan yang tertentu sebanyak 160 orang bagi yang sakit, 71 orang jompo, 9 orang ibu hamil, sedangkan jumlah sasaran yang akan divaksin berjumlah 128 orang di 3 RW. 10 RT di Dusun Hariang, untuk di 2 RW, 7 RT Dusun Tonjong sebanyak 135 orang dan 130 orang di Dusun Tipar, 83 orang di Dusun Curug.

Data tersebut adalah catatan yang telah didata oleh Usep Supena Kaur Perencanaan Desa Hariang, yang mana dari data jumlah sasarannya tidak semua yang bisa hadir untuk divaksin, dikarenakan ada sebagian yang sedang bekerja baik di luar Kota maupun di Luar Daerah.

Baca Juga: Babinsa Cerme Dampingi Pelaksanaan Vaksin ke Warga Berjalan Lancar

Dalam kesempatan Kepala Puskesmas Siti Nur Asiyah S.K.M. M.K.M., saat diwawancarai mengatakan, "kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka vaksinasi Covid-19 untuk Dusun-Dusun di Desa Hariang kami bagi menjadi beberapa Tim untuk di 4 lokasi termasuk di Puskesmas untuk dosis 2, sedangkan dosis 1 di Dusun Hariang, Dusun Tipar dan Dusun Tonjong ini jumlah sasarannya sebanyak 128 tetapi yang hadir baru 20 orang, namun saya berusaha bersama Tim untuk melaksanakan Door to Door ataupun dirumah-rumah apabila ada sasaran yang memang jompo atau sakit, dan pelaksanaan vaksinasi ini kami bekerjasama dengan Polri karena kita memakai vaksin dari Polri," jelasnya.

Dalam kesempatan lain juga wartawan mewawancarai Kapolsek yang sedang monitor perihal kegiatan vaksinasi di Desa Hariang ini bahwa, kegiatan vaksinasi kami dari pihak Polri atau Polsek serta pihak Puskesmas mengharapkan agar masyarakat benar-benar melaksanakan Protokol Kesehatan, kedua tetap vaksin agar segera dilakukan karena kami sudah melaksanakan Door to Door, dan jangan sampai masyarakat nantinya ketinggalan untuk vaksinnya, dan saya mohon kepada masyarakat yang merasa belum divaksin untuk segera divaksin karenakan kami tidak melaksanakan Door to Door tiap hari.

Baca Juga: Babinsa dan Nakes Vaksin Door to Door Direspon Warga Positif

Mungkin nantinya kami rencanakan dan koordinasikan lagi untuk menyisir bagi warga yang belum divaksin ke Desa lainnya karena di Kecamatan Buahdua sendiri masyarakatnya sudah 85% yang sudah melaksanakan vaksinasi, dan tinggal sedikit sekali makanya kami lakukan Door to Door, apabila warga yang kemarin tertinggal untuk di vaksin kecuali bagi yang sakit atau bekerja diluar daerah, luar kota bahkan diluar Negeri jadi itu kendalanya saya rasa begitu," pungkasnya. (ris)

Editor : hadi

abadinews.id horizontal

Berita Lainnya

abadinews.id horizontal