Peran Babinsa Sampang Edukasi Siswa Sekolah Terapkan 3M dan 3T

avatar abadinews.id
Babinsa Kodim 0828/Sampang saat memberikan edukasi kepada siswa sekolah
Babinsa Kodim 0828/Sampang saat memberikan edukasi kepada siswa sekolah

SAMPANG, Abadinews.id - Penerapan praktik 3T (Tracing, Testing, Treatment) sama pentingnya dengan penerapan perilaku 3M (Menggunakan masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak). Kedua hal tersebut adalah upaya untuk memutus mata rantai penularan COVID-19. Hanya saja, penerapan praktik 3T masih perlu ditingkatkan pemahamannya di masyarakat, mengingat masyarakat lebih mengenal 3M yang penyampaiannya dilakukan terlebih dahulu dan lebih gencar, Senin (27/09/21).

Untuk hal itu, anggota Kodim 0828/Sampang terjun ke tempat-tempat keramaian untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan kepada masyarakat Kabupaten Bangli, memberikan penyuluhan edukasi terhadap siswa sekolah tentang apa itu 3M dan 3T guna menekan penyebaran Covid-19 di Kab. Sampang.

Baca Juga: Pererat Silaturahmi dengan Rakyat, TNI Gelar Bhakti Kesehatan Massal

3M dan 3T adalah kunci utama penanganan Covid-19 yang perlu untuk terus dijalankan Protokol Kesehatan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan pakai sabun) sedangkan, Pemerintah terus menjalankan praktik 3T (Tracing, Testing, Treatment) dengan dukungan semua lapisan masyarakat, 3M dan 3T adalah satu paket upaya yang tidak dapat dipisahkan untuk memutus rantai penularan Covid-19.

Baca Juga: Pererat Silaturahmi dengan Rakyat, TNI Gelar Bhakti Kesehatan Massal

Sementara itu, Dandim 0828/Sampang Letkol Arm Mulya Yaser Kalsum S.E., M.Si., mengatakan anggota Kodim 0828/Sampang yang di tugaskan dalam kondisi Pandemi Covid-19 saat ini tetap selalu dilapangan tanpa henti memberikan pemahaman dampak wabah Covid-19, serta pentingnya menerapkan 3 M dan 3T dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih lanjut dikatakan bahwa 3M banyak membicarakan tentang peran kita sebagai individu, sementara 3T berbicara tentang bagaimana kita memberikan notifikasi atau pemberitahuan pada orang di sekitar kita untuk waspada, jadi memang ada satu proses yang tidak hanya melibatkan individu tapi juga orang yang lebih banyak. 3T terdiri dari tiga kata yakni pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment), mengungkapkan pemeriksaan dini menjadi penting agar bisa mendapatkan perawatan dengan cepat. Tak hanya itu, dengan mengetahui lebih cepat, kita bisa menghindari potensi penularan ke orang lain, tutur Dandim.

Baca Juga: Korem 084/BJ Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW 1446 H / 2024 M

Dihimbau kepada siswa sekolah Kab. Sampang mari kita ikuti anjuran Pemerintah dengan menerapkan 3M dan 3T yang sama pentingnya dan satu kesatuan dengan berupaya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 dengan kita melindungi diri dan melindungi sesama,” tutup Dandim. (Bejo)

Editor : hadi

abadinews.id horizontal

Berita Lainnya

abadinews.id horizontal