Jelang Tupdik Siswa Dikspespa TNI AL Dapatkan Pembekalan Dankodiklatal

avatar abadinews.id
Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat saat memberikan sambutan
Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat saat memberikan sambutan

Kodiklatal Surabaya, Abadinews.id - Jelang penutupan pendidikan, siswa Pendidikan Spesialisasi Perwira (Dikspespa) TNI AL Ta 2021 mendapatkan pembekalan dari Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat yang dilaksanakan di gedung Belatrix Sekolah Lanjutan Perwira (Selapa) Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Kamis (02/09/21).

Adapun para siswa Dikspespa ini terdiri Dikspespa Navdir, Komunikasi, Artileri dan Senjata bawah air yang menempuh pendidikan di Pusdikpel Kodikopsla, Dikspespa lainya adalah Dikspespa Teknik, Suplay, Senlek, Kesehatan, Pomal, Hukum, Informatika, Pendidikan dan Dikspespa pers yang menempuh pendidikan di Pusdiktek, Pusdiklek, Pusdikbanmin dan Pusdikpomal Kodiklatal.

Baca Juga: Ketua DPD RI Lepas Pawai Fajar 1 Muharram 1446 Hijriyah

Pembekalan kepada Siswa Dikspespa TNI AL ini merupakan salah satu implementasi Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M yaitu pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI Angkatan Laut yang unggul, profesional dan tangguh dalam rangka menghadapi segala ancaman.

Mengawali pembekalan Dankodiklatal menyampaikan bahwa standart kualitas pemimpin dilingkungan TNI AL ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi antara lain seorang pemimpin harus bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mampu menjaga idealisme, cita-cita dan tujuan sebagai seorang pemimpin. Selain itu pemimpin haruslah memiliki kemampauan, daya saing dan keunggulan dari personil lainya.

Baca Juga: Kaskoarmada ll Buka Sosialisasi Lapor SPT Tahunan di Mako

Standart lainya adalah selalu membangun kemampauan, ketrampilan dan pengetahuan, menjaga dan menegakkan etika profesioanalisme, penuh dedikasi dalam menjalankan tugas, memiliki kepercayaan diri yang tinggi, tidak memilih-milih tugas maupun jabatan, tahan terhadap cobaan dan melaksanakan perintah atasan dengan penuh tanggung jawab.

Selain itu juga disampaikan dalam pola pendidikan perwira TNI AL sesuai Perkasal 65/IX/2008 tanggal 4 September disebutkan bahwa Pendidikan Pertama Perwira TNI AL berasal dari AAL, Dikmapa dan Diktukpa. Sedangkan Dikspespa saat ini merupakan Pendidikan pengembangan Spesialisasi yang belajar pada tataran teknis.

Baca Juga: Peringati HUT ke-78 TNI AL, Lanal Banyuwangi Gelar Prokasih

Untuk selanjutnya setelah Dikspespa para perwira akan melanjutkan Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa) yang merupakan Pendidikan Pengembangan Umum (Dikbangum) belajar pada tataran taktis. Pendidikan selanjutnya adalah Sekolah Staf Komando (Sesko) yang juga merupakan Dikbangum dan belajar pada tataran strategis agkatan. Sedangkan pendidikan terakhir adalah Dikbangum Sesko TNI belajar pada tataran strategi Pertahanan dan Keamanan Negara (Hankamneg).

Disisi lain Komandan Kodiklatal menyampaikan bahwa saat ini para Perwira Siswa masuk dalam generasi milenial yang memiliki tantangan berat dalam menjaga stabilitas dan soliditas karena di sini telah terjadi Revolusi Industri 4.0 yang berpengaruh terhadap kehidupan perwira meliputi perubahan perilaku dan gaya hidup, disiplin, dan militansi. Berkaitan dengan revolusi industri tersebut maka karakter, jatidiri, moralitas, disiplin dan Ilpengtek tidak boleh rapuh dan terkikis. (Bejo)

Editor : hadi

abadinews.id horizontal

Berita Lainnya

abadinews.id horizontal