Prajurit TNI AL Kodiklatal dan PNS Peringati Tahun Baru Islam 1443H

avatar abadinews.id
Prajurit TNI AL Kodiklatal bersama PNS peringati tahun baru Islam
Prajurit TNI AL Kodiklatal bersama PNS peringati tahun baru Islam

Kodiklatal Surabaya, Abadinews.id - Dalam rangka meningkatkan ukhuwah Islamiyah sekaligus meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI AL dalam hal ini Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dak Latihan TNI AL (Kodiklatal) menggelar peringatan Tahun Baru Islam 1443 H/2021 M yang dipusatkan di Masjid Ibadurohman Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Rabu (01/09/21).

Peringatan tahun baru Islam tersebut dipimpin langsung Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal Laksda TNI Agus Hariadi dan dihadiri para pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Dirlat Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Suherlan, S.E., M.M., M.Sc., CHRMP, Dirum Kodiklatal Laksma TNI Gatot Hariyanto, Wakil Ketua Pengurus Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Agus Hariadi. Selain itu hadir pula Ustadz Drs. KH Imam Khambali sekaligus sebagai penceramah.

Baca Juga: Ketua DPD RI Lepas Pawai Fajar 1 Muharram 1446 Hijriyah

Adapun tema yang diambil dalam peringatan tahun baru Islam 1443 H/2021 M ini “Jadikanlah Hikmah Tahun Baru Hijriah 1443 H/2021 M Sebagai Momentum Peningkatan Nilai-Nilai Spiritual Personel TNI menuju Insan Beriman dan Bertaqwa di Tengah Pandemi Covid-19.

Acara diawali pembukaan dilanjutkan pembacaan ayat suci Alqur’an, sambutan Dankodiklatal yang diwakili Wadan Kodiklatal, Ceramah Peringatan Tahun Baru Islam oleh Ustadz Drs. KH Imam Khambali dan ditutup dengan Doa.

Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dalam sambutan yang dibacakan Wadan Kodiklatal Laksda TNI Agus Hariadi menyampaikan bahwa peringatan Tahun Baru Islam yang diselenggarakan secara sederhana ini, tidak hanya bersifat seremonial belaka, namun diharapkan kegiatan seperti ini memiliki arti penting untuk menanamkan, memantapkan keimanan dan ketakwaan umat Islam Kodiklatal kepada sang pencipta Allah Subhanahu Wata’ala.

Baca Juga: Kaskoarmada ll Buka Sosialisasi Lapor SPT Tahunan di Mako

Adapun hijrah Nabi Muhammad Sholallohu Alaihi Wasallam dari Mekkah ke Madinah membawa perubahan besar terhadap peradaban umat manusia. Dari kehidupan yang tidak memiliki peradaban ke arah kehidupan yang penuh rahmat ampunan dan kasih sayang. Peristiwa ini ditandai dengan babak baru penanggalan Islam yang ditetapkan oleh Umar Bin Khattab, sehingga setiap tahunnya kita memperingati peristiwa hijrah sebagai tahun baru Islam.

Menurutnya teladan yang diberikan oleh Rasulullah Sholallohu Alaihi Wasallam kepada kita semua, memberikan inspirasi penting untuk membangun sebuah peradaban baru dari tataran individual menuju tataran sosial yang lebih baik. Pada tataran individual, Rasulullah menegakkan akidah nafsiah yaitu akidah dalam diri setiap insan, bahwa segala sesuatu yang kita rencanakan untuk berubah, harus dimulai dari diri sendiri.

Demikian pula, dalam pengabdian kita kepada organisasi TNI AL dimana kita selama ini bertugas, harus kita mulai dari pribadi kita sendiri dengan meningkatkan semangat, dedikasi, loyalitas termasuk didalamnya meningkatkan kemampuan pribadi dan profesionalisme sesuai bidang masing-masing. Satu hal yang lebih penting, dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT sebagai landasan dalam melaksanakan tugas, serta meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak bermanfaat.

Baca Juga: Peringati HUT ke-78 TNI AL, Lanal Banyuwangi Gelar Prokasih

Sementara itu Ustadz Drs. KH Imam Khambali dalam ceramahnya menyampaikan hikmah dari hijrah yaitu suatu perjalanan yang bertujuan untuk merubah dari sesuatu yang kurang baik menjadi yang lebih baik. Sebagai prajurit TNI AL dengan peringatan tahun baru Islam ini hendaknya meningkatkan kemampuan diri sehingga menjadi prajurit yang militan, loyal dan profesional.

Selain itu dengan pelaksanaan tahun hijrah hendaknya meningkatkan ketaqwaan dan memperbaiki amalan, selain itu agar hijrah Ihsan dalam arti meningkatkan nilai manfaat yang positif kepada orang lain dan lingkungan serta memperbaiki kesalahan yang diperbuat untuk kebaikan selanjutnya. (Bejo)

Editor : hadi

abadinews.id horizontal

Berita Lainnya

abadinews.id horizontal