TNI AL Satdik 2 Kodiklatal Makasar Donor Plasma Konvalesen dari Siswa

avatar abadinews.id
Siswa penyintas saat Donor Plasma Konvalesen demi bantu sesama
Siswa penyintas saat Donor Plasma Konvalesen demi bantu sesama

Kodiklatal Makassar, Abadinews.id - Sebanyak 92 siswa terdiri Siswa Dikmaba dan Dikmata yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Satdik 2 Kodiklat TNI AL Makassar melaksanakan donor plasma Konvalesen guna mendukung penyembuhan Covid-19 bagi masyarakat yang terdampak di wilayah Makassar dan Sekitarnya. Kegiatan Donor Plasma ini dilaksanakan di Aula Satdik 2 Makassar, Minggu, (01/08/21).

Kegiatan Donor Plasma Konvalesen yang bekerjasama dengan PMI Cabang Makassar tersebut ditinjau langsung Komandan Satdik (Dansatdik) 2 Kodiklat TNI AL Makassar Kolonel Mar Hendro Suwito beserta staf Satdik 2.

Baca Juga: Implementasikan 8 Wajib TNI AL Puslatdiksarmil Kodiklatal Donor Plasma

Disela-sela peninjauan Dansatdik 2 Kodiklat TNI AL Makassar menyampaikan bahwa kegiatan Donor Plasma Konvalesen dalam rangka memberikan terapi terhadap pasien Covid-19 di wilayah sekitar Makassar yang saat ini sedang membutuhkan, upaya ini dilaksanakan sesuai perintah Komandan Kodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat juga instruksi Kepala Staf Angkatan Laut kepada seluruh jajaran untuk melaksanakan kegiatan serbuan vaksin salah satunya adalah Donor Plasma Konvalesen.

Adapun para siswa Dikmaba dan Dikmata peserta Donor Plasma, saat ini sedang menempuh pendidikan pertama yang berasal dari masyarakat sipil dan memenuhi syarat untuk di didik menjadi prajurit TNI Angkatan Laut di Satdik-2 Makassar.

Baca Juga: Prajurit Kodiklat TNI AL Kembali Laksanakan Donor Plasma Konvalesen

Menurutnya Satdik-2 Makassar siap melaksanakan program kegiatan Donor Plasma Konvalesen dari siswa untuk sesama, harapannya apa yang dilaksanakan oleh Satdik-2 Makassar yang bekerjasama dengan PMI dapat membantu dan memberikan manfaat untuk masyarakat di sekitar Makassar.

Donor Plasma Konvalesen adalah metode pengambilan darah plasma dari penyintas Covid-19 yang dapat diberikan sebagai terapi untuk pasien Covid-19 yang sedang dirawat. Terapi Plasma Konvalesen diberikan dengan cara mengambil plasma darah yang mengandung antibody dari donor, kemudian ditransfusikan kepada pasien yang membutuhkan.

Baca Juga: Gubernur Jatim Ajak Sosialisasi Prokes saat HUT Pramuka ke-60

"Kegiatan Donor Plasma Konvalesen dari siswa untuk sesama merupakan kegiatan yang sangat membantu masyarakat Makassar dan sekitarnya, oleh sebab itu Satdik-2 Kodiklat TNI AL di Makassar siap mendukung program tersebut," pungkas Dansatdik 2 Kodiklat TNI AL Makassar.  (AD1)

Editor : hadi

abadinews.id horizontal

Berita Lainnya

abadinews.id horizontal