Festival Seni Hadrah Se-Jawa Timur Sebagai Perekat Kesatuan Bangsa

avatar abadinews.id

Jember - Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, Pemerintah Kabupaten Jember gelar Festival Seni Hadrah Kebangsaan se-Jawa Timur yang bertempat di Taman Pohon Kelapa Alun-alun kota Jember, Sabtu, 09 November 2019.

Festival dibuka langsung oleh Bupati Jember, dr. Faida, MMR. Dari pagelaran tersebut diharapkan mampu memberikan edukasi dan perekat dalam menjaga persatuan NKRI, dan Pancasila. Selain itu juga untuk melestarikan seni hadrah sebagai salah satu kekayaan tradisi bangsa.

Baca Juga: Polres Jember Gandeng IJTI Training Of Mobile Journalism

Pagelaran tersebut mengangkat tema kebangsaan. Karena itu, lagu wajib yang dilombakan adalah lagu yang bertemakan nasionalisme. Seperti NKRI harga mati, Saya Indonesia, Saya Pancasila, Sholawat Nadilyah, dan Yalal Wathon.

Bupati menyebut, sering kali masyarakat berpikir bahwa dunia religius dan nasionalisme adalah dunia yang berbeda.

Baca Juga: Arumi Serahkan Bantuan pada Masyarakat Terdampak Banjir, Peduli Jember

“Dengan adanya lagu kebangsaan yang dibawakan dengan musik hadrah menunjukkan bahwa kemerdekaan NKRI juga diperjuangkan oleh para ulama, Jadi, menjaga NKRI bisa dilakukan seluruh lapisan masyarakat, termasuk pecinta seni hadrah dengan membawakan lagu perjuangan,” pungkas bupati.

Pada awal pendaftaran, tercatat ada 100 grup yang mendaftar. Namun, dalam pembukaan tercatat resmi ada 82 grup hadrah dari berbagai genre di Jawa Timur.

Grup hadrah yang ikut festival ini terdiri dari pelajar dan masyarakat umum. Mereka berasal dari Surabaya, Gresik, Pasuruan, Lumajang, Banyuwangi, Jombang, Lamongan, Probolinggo, Bondowoso, dan Malang.

Baca Juga: Sekdaprov Tinjau Posko dan Dapur Umum Bencana Banjir Desa Wonoasri

Bupati berharap kegiatan ini dapat meningkatkan keimanan. “Dapat bernilai ibadah dan bernilai edukasi untuk masyarakat. Persembahan seni budayanya dapat, syiar agamanya dapat, dan semangat nasionalismenya juga dapat,” tuturnya.

Pada akhir sambutannya, bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pemerintah daerah di Jawa Timur dan masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam festival tersebut.

Editor : Redaksi

abadinews.id horizontal

Berita Lainnya

abadinews.id horizontal