Polisi RW Terima Arahan Terkait Tugas dan Tanggung Jawab dari Kapolres Bondowoso

avatar abadinews.id
Kapolres Bondowoso AKBP Bimo Ariyanto saat memberikan arahan
Kapolres Bondowoso AKBP Bimo Ariyanto saat memberikan arahan

Abadinews.id, Bondowoso - Tugas seorang Polisi adalah menganyomi, melindungi dan melayani masyarakat dengan memberikan rasa aman kepada masyarakat, itu semua sudah tugas yang harus dilaksanakan oleh seluruh Institusi Polri. Dengan cara pendekatan dan menerima keluhan-keluhan dari masyarakat guna terciptanya Kamtibmas serta Presisi.

Seperti halnya yang telah dilaksanakan oleh Kapolres Bondowoso AKBP Bimo Ariyanto, S.H., S.I.K., menggelar kegiatan kepada seluruh anggota Polres Bondowoso terkait tugas dan tanggung jawab sebagai Polisi RW dilingkungan masyarakat.

Baca Juga: Polres Tanjung Perak Gelar Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2024

Kapolres Bondowoso meminta kepada seluruh Polisi RW untuk bekerja secara ikhlas, tulus dan temui masyarakat dengan santun serta penuh dengan senyuman.

Tidak hanya itu, Kapolres juga memberikan asistensi kepada Polisi RW di lingkungan Polres Bondowoso, Jum'at (19/05/23) di Gedung Endra Darma Laksana Polres Bondowoso.

Dalam keterangannya Kapolres Bondowoso AKBP Bimo Ariyanto, S.H., S.I.K., berpesan, "Pesan saya untuk Polisi RW, bekerjalah secara ikhlas,tulus temui masyarakat dengan santun, berikan suatu informasi-informasi tentang program Pemerintah dalam menjaga keamanan dan ketertiban bersama serta berikan informasi tentang apa saja program-program Polri," tutur Kapolres Bondowoso.

Menurut Kapolres Bondowoso, kegiatan memberikan pengarahan kepada anggota terkait Polisi RW adalah dalam rangka meneruskan program Pemerintah dan program Polri dalam menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat serta menyangkut masalah Polisi RW yang langsung terjun ke Masyarakat guna bisa menjadi problem solving di lingkungan tingkat bawah yaitu RW.

"Program Polisi RW ini menjadi salah satu solusi Polri dalam menyebabkan setiap permasalahan di masyarakat dengan problem solving, masih banyak anggota Polisi yang jarang untuk terjun ke masyarakat dan mengenalkan diri terhadap masyarakat. Dengan adanya Polisi RW kami berharap, semua Polisi akan bertatap muka dengan masyarakat di RW-nya setempat. Serta mengenalkan diri bahwa Saya adalah Polisi RW yang siap membantu semua permasalahan-permasalahan yang ada di setiap RW tersebut," jelas Kapolres Bondowoso.

Baca Juga: Polres Tanjung Perak Gelar Jum'at Curhat, Cegah Kenakalan Remaja dan Jaga Kamtibmas

Orang Nomer Satu di Jajaran Mapolres Bondowoso juga mengungkapkan, harapan besar adanya program ini yaitu menjadikan masyarakat yang ada di lingkungan tersebut menjadi sadar. Sadar Kamtibmas, memberikan informasi apa saja terhadap kejadian yang ada di wilayahnya.

"Apa pun permasalahan yang ada dalam situasi di lingkungan RW tersebut, tolong berikan solusi yang terbaik. Jadi, kehadiran kita di sana membuat dampak yang positif. Kami tidak berharap, kehadiran Polisi malah mendapatkan yang negatif. Maka, kami berharap betul Polisi RW yang akan kita terjunkan adalah yang terbaik dan mempunyai budi pekerti, akhlak, dan kelakuan yang baik. Sehingga masyarakat merasa kehadirannya memang bermanfaat," terang Kapolres Bondowoso.

Tak hanya itu, Kapolres juga memberikan berbedaan antara Polisi RW dengan Babintrantibmas di lingkungan masyarakat.

Baca Juga: Reskrim Polsek Krembangan Tangkap Pelaku Judi Online di Bulak Banteng

"Polisi RW kurang lebih untuk tugas pokok fungsinya tidak jauh berbeda dengan Bhabinkamtibmas, namun diharapkan dengan adanya Polisi RW, Polri lebih dekat dengan masyarakat. Jangkauannya lebih luas lagi," tegasnya.

Dijelaskan juga oleh AKBP Bimo Ariyanto, S.H., S.I.K., memang di wilayah Polres Bondowoso belum mendekati 100 persen untuk Polisi RW, tapi setidaknya sebaran Polisi RW nantinya itu sudah bisa di cover untuk seluruh Kabupaten Bondowoso.

"Sehingga dengan harapan nanti di lingkungan masyarakat, apabila terjadi suatu permasalahan apapun itu bisa dikomunikasikan dengan Polisi RW itu sendiri. Untuk Polisi RW di wilayah Polres Bondowoso, disesuaikan dengan jumlah personil tentunya. Mudah-mudahan dengan adanya program ini permasalahan yang terjadi di masyarakat bisa cepat kita terima, dan cepat kita beri solusi pemecahannya," tutup Kapolres Bondowoso AKBP Bimo Ariyanto, S.H., S.I.K.(AD1)

Editor : hadi

abadinews.id horizontal

Berita Lainnya

abadinews.id horizontal