Polres Tanjung Perak Memperingati Maulid Nabi Bersama Yatim Piatu

abadinews.id

Surabaya, Abadinews.id ~ Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya telah laksanakan pengajian dalam rangka peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1442 H dengan tema "KETELADANAN NABI BESAR MUHAMMAD SAW KITA KUATKAN PERSAUDARAAN DAN KEPEDULIAN GUNA MEWUJUDKAN KAMTIBMAS YANG KONDUSIF" dengan mengundang Anak-anak Yatim Piatu, bertempat di Masjid Al Hidayah pada Kamis (29/10/20).

Kegiatan pengajian ini dihadiri oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si., M.H., Wakapolres Pelabuhan Tanjung Perak Kompol Anggi Saputra Ibrahim, S.H., S.I.K., M.H., Para Kabag, Kasat, Kasi dan seluruh anggota Polres Pelabuhan Tanjung Perak juga Ustad. Drs. H. Khoiron Sueb.

Baca juga: Perayaan Suran Agung, Polres Tanjung Perak Gelar Ops Aman Suro 2023

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si., M.H. dalam sambutannya yang intinya "Assalamualaikum warahmatullahi Wabarokatuh, Pertama kita Panjatkan Puji Syukur Kepada ALLAH S.W.T kita dapat berkumpul diacara pada pagi hari ini dalam rangka Memperingati Maulid Nabi Muhammad S.A.W. Kita Semua semoga bisa mengikuti ajaran Nabi kita semua yaitu Nabi Besar Muhammad SAW, dalam berkehidupan sehari-harinya."

Kegiatan Maulid Nabi ini kita peringati setiap satu tahun sekali di Masjid Al - Hidayah Polres Pelabuhan Tanjung Perak namun dalam situasi saat ini kita berbeda dengan tahun yang lalu karena pada tahun ini kita semua memperingatinya dalam situasi yang sedang dilanda Wabah Covid-19/Virus Corona.

"Semoga dalam rangka memperingati Maulid Nabi ini kita juga dapat hidayah dari ALLAH SWT dan dapat diangkat Virus Covid-19 atau Virus Corona khususnya di Negara Republik Indonesia segera bisa berakhir."

Baca juga: Polres Tanjung Perak di Jum'at Curhat Ajak Warga Aktifkan Kembali Pos Kamling

Dalam ceramah agama yang disampaikan oleh Ustad Drs. H. Khoiron Sueb bahwa, "Salam hormat saya pada Ibu Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Wakapolres Pelabuhan Tanjung Perak dan seluruh anggota Polres Pelabuhan Tanjung Perak serta yang saya banggakan kaum muslimin dan muslimat yang dirahmati oleh Allah SWT."

Pertama, marilah kita panjatkan lebih dulu puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, dimana atas berkat dan rahmat-nya kita semua bisa berkumpul di tempat yang Insyaallah penuh berkah ini. Tak lupa, sholawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW.

"Dalam kesempatan ini, saya akan sedikit menyampaikan pidato tentang Keteladanan Nabi Muhammad SAW. Mari kita manfaatkan bulan Rabiul Awal ini dengan melakukan segala kebaikan sebagai bukti rasa syukur ke hadirat Allah SWT, selain itu jadikanlah Rasulullah sebagai suri tauladan dalam menjalani hidup, tentunya dengan mencontoh sifat-sifatnya untuk kemudian di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari."

Baca juga: Polda Jatim Siagakan 4.508 Personil Gabungan Pengamanan Laga Persahabatan FIFA di GBT

Nabi Muhammad SAW sendiri merupakan penutup para nabi atau khatamun-nabiyyin. Ada 4 sifat terpuji rasulullah yang harus kita tauladani di antaranya pertama adalah Shiddiq yaitu benar atau sikap jujur dan berkata sesuai dengan fakta tanpa ada kebohongan, Kedua adalah Amanah sikap yang dapat dipercaya seperti misalnya jika ada urusan atau titipan yang dipercayakan kepada seseorang, maka harus dilaksanakan sebaik-baiknya.

Sifat terpuji Rasulullah yang ketiga adalah Tabligh yang memiliki arti menyampaikan. Contohnya ketika seseorang dititipi amanah maka kita harus menyampaikannya kepada yang berhak menerima dan terakhir adalah Fathonah yang artinya cerdas atau pandai. Dalam kehidupan sehari-hari sifat ini bisa diimplementasikan dengan rajin belajar dan bisa membagi waktu.

Tak lupa ustad Drs. H Khoiron membacakan "Sholawat Li Khomsatun supaya terhindar dari wabah, dan AKBP Ganis Setyaningrum Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak memberikan santunan pada anak yatim."   (AD1)

Editor : hadi

Peristiwa
Berita Terpopuler
Berita Terbaru