Topeng Malang Kolaborasi dengan Jaranan, Jenggirat Fest Kampung Satrio

abadinews.id
Kolaborasi jaranan dengan topeng Malang di kampung budaya Polowijen

Malang, Abadinews.id - Siapa yang tak kenal dengan Kampung Celaket, kampung perintis event dan kampung perintis festival ala kampung di Kota Malang. Kampung yang menyimpan segala potensi mulai dari seni budaya dan geliat ekonomi. Kampung yang terkenal dengan batik Celaket, kampung yang terkenal dengan jaranan Celaket, ketoprak Celaket Reog Celaket dan lain-lain. Melalui Pokdarwis Kampung Satrio Turonggo Jati, ragam macam kesenian di hidupkan dan cocok menjadi wisata budaya di Kota Malang.

Minggu 31 Oktober 2021 Kampung ini menyelenggarakan Jenggirat Fest yang merupakan rangkaian 27 Virtual Event Kampung Tematik Kota Malang yang dipandu oleh Mouzza Zee Ledies Bikers dan MC Afrilia Wijayanti dari Forkom Pokdarwis Kota Malang. Meskipun live event di Kampung Satrio Turonggo Jati yang di gelar di taman RW. 3 Kelurahan Rampal Celaket, acara tetap terbatas dan tidak mendatangkan pengunjung dari luar.

Baca juga: Kakang Mbakyu Malang, Wilujeng Kamulyan Bangkitkan Kampung 1000 Topeng

Nanang Gustanto Ketua Pokdarwis Kampung Satrio Turonggo Jati membeberkan tentang gelaran ini bahwa dari tahun ke tahun Jenggirat Fest selalu menampilkan yang berbeda. “Potensi kesenian di Celaket ini melimpah, harap menjadi sajian wisata budaya di Kota Malang.“ Harap Nanang yang menjelaskan bahwa kali ini tampilannya adalah topeng Malang, Jaranan Satrio Turonggo Jati, campursari, gamelan Uyon Uyon Malangan serta tari kreasi Turonggo Jati.

Baca juga: Kakang Mbakyu Kota Malang Hadiri Festival Panawijen KBP

Kepala Disporapar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni dalam sambutanya menyampaikan, “Ragam macam kesenian di Kampung Satrio Turonggo jati ini hendaknya berkolaborasi dan mengisi kesenian di kampung tematik lain,” Sehingga kunjungan paket wisata ke destinasi kampung tematik lebih lengkap, dan menampilkan ciri khas kesenian Kota Malang.

Baca juga: Parade Jajanan Lawas Kampung Heritage Kajoetangan

Ketika tari tarian topeng di sajikan dengan iringan gamelan, Ki Demang Penggags kampung Budaya Polowijen yang melihat langsung gelaran jenggirat fest merasa senang. “Nampaknya kedepan Kampung satrio Turonggo Jati harus menampilkan kesenian wayang Topeng.” Karena mereka sudah lama berlatih tari topeng tinggal di beri lakon wayang Topeng apa yang akan di pentaskan, tutup pria yang bernama Asli Isa Wahyudi Ketua Forkom Pokdarwis Kampung Tematik Kota Malang.(Er)

Editor : hadi

Peristiwa
Berita Terpopuler
Berita Terbaru