Abadinews.id, Surabaya - Menjelang libur panjang memperingati Kenaikan Isa Almasih, mulai Kamis (09/05) hingga Minggu (12/05), KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 47 perjalanan KA, yang terdiri dari 43 KA jarak jauh regular, 3 KA jarak jauh tambahan, dan 1 KA lokal komersial tambahan.
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan bahwa KAI siap mengakomodir kebutuhan pelanggan yang akan menggunakan transportasi KA dalam melakukan mobilisasi aktifitas selama libur panjang tersebut dengan mengoperasikan 47 perjalanan KA dengan jumlah tempat duduk sebanyak 27.118 setiap harinya.
Baca juga: 48.000 Tiket Telah Dipesan di Masa Libur Nataru, Segera Pesan Sebelum Kehabisan
"Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket KA melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh _channel_ penjualan online resmi lainnya. Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket _go show_ mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api," tuturnya.
Dikatakannya, transportasi kereta api memiliki beberapa keunggulan dibanding transportasi darat lainnya. Seperti faktor keselamatan pelanggan, keamanan, kenyamanan, ketepatan waktu, hingga mengurangi kemacetan dan potensi kecelakaan di jalan raya.
Adapun KA jarak jauh dan KA lokal komersial tambahan di Daop 8 Surabaya yang beroperasi pada 9-12 Mei 2024 antara lain :
1. KA Malioboro Ekspres relasi Malang – Purwokerto,
2. KA Malabar relasi Malang - Bandung,
3. KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng - Yogyakarta,
Baca juga: Jelang Nataru 2024/2025, DJKA Kemenhub Periksa Sarana dan Fasilitas KAI Daop 8
4. KA Arjuno Ekspres relasi Surabaya Gubeng – Malang PP.
Luqman Arif menambahkan, berdasar data pada Selasa (07/05), KAI Daop 8 Surabaya mencatat 59.324 pelanggan yang berangkat dari Daop 8 Surabaya pada Rabu (08/05) hingga Minggu (12/05). Jumlah okupansi pelanggan masih akan meningkat seiring penjualan tiket masih berlangsung.
Berikut disampaikan okupansi pelanggan yang akan berangkat dari 3 stasiun keberangkatan Daop 8 Surabaya pada 8-12 Mei 2024 :
- Stasiun Surabaya Pasarturi : 17.122 pelanggan
Baca juga: PT KAI Komitmen Perhatikan Keselamatan dan Keamanan Perjalanan Kereta Api
- Stasiun Surabaya Gubeng : 16.591 pelanggan
- Stasiun Malang : 12.383
KAI mengimbau bagi masyarakat yang akan bepergian menggunakan transportasi KA agar segera melakukan pemesanan tiket KA sehingga dapat memilih kereta api dan tanggal keberangkatan sesuai keinginan. Namun apabila KA dan tanggal keberangkatan yang diinginkan telah habis, dapat memanfaatkan fitur _connecting train_ yang tersedia pada aplikasi _Access by KAI._ Fitur ini akan mengkombinasikan jadwal kereta api yang bersifat pesambungan.
Terkait informasi lebih lanjut seputar perjalanan KA, pada dapat menghubungi _Customer Service_ di stasiun serta _Contact Center_ KAI melalui telepon di 121, _WhatsApp_ 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.(4U)
Editor : hadi