Sistem Digitalisasi Inisiatif Abah Ismail Tingkatkan Ekonomi UMKM

abadinews.id
H. Ismail Hamzah pemilik pasar buah bersama Camat Asemrowo Bambang Udi Ukoro

Abadinews.id, Surabaya - Sistem Digitalisasi, merubah Pasar Tradisional menjadi Pasar Modern. Inisiasi ini diciptakan oleh H.Ismail Hamzah (Abah Ismail) Pemilik Pasar Buah Tanjungsari. Dengan program Digital yang akan diterapkan untuk Pasar Buah Tanjungsari. Sejumlah ± 100 pedagang buah di wilayah Tanjungsari mendukung ide kreatif ini untuk meningkatkan Ekonomi, terutama untuk Usaha Kecil Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Program ini juga didukung oleh Camat Asemrowo Bambang Udikoro.

Menurut Abah Ismail, Program ini mengangkat pasar tradisional yaitu Pasar Buah Tanjungsari ini dengan mengalihkan ke sistem digitalisasi. Untuk image masyarakat yang semula berpikir Pasar Tradisional merupakan Pasar yang bau dan kumuh menjadi Pasar Modern.

Baca juga: Bikers FKPPI Motherland Distrik Jatim Gelar Baksos Khitan Massal untuk Peringati Hari Sumpah Pemuda

"Kami akan merubah semua sistem management dari pembayaran, penataan, kebersihan, kualitas dan ketersediaan produk. Sehingga image masyarakat akan berubah, jika belanja di sini Pasar buah Tanjungsari ini merupakan Pasar yang bersih nyaman dan modern," tuturnya.

Kenapa mempunyai ide digitalisasi?

Lanjut Abah Ismail, karena 5 tahun kedepan sistem teknologi akan semakin modern. Salah satunya dengan digitalisasi. Sehingga, jaringan dan pasarnya bisa lebih luas dijangkau masyarakat. Ide ini sudah di planning selama 3 bulan yang lalu.

Baca juga: Meriahkan Baksos Sego Rongewu Bertema Back to School

"Harapannya, memberi peluang terhadap pengusaha untuk memperluas dagangannya. Selain itu, memberi tempat pedagang buah lainnya dari seluruh Indonesia. Untuk menjual dagangannya di Pasar Buah Tanjungsari. Untuk dipasarkan di Surabaya Jawa Timur khususnya," terangnya.

Camat Tanjungsari Bambang Udikoro menambahkan, kami selaku kecamatan sangat mendukung adanya program Digitalisasi ini. Sebab, merubah Pasar Tradisional menjadi pasar modern sangat bagus.

"Ini menciptakan pasar yang representatif, dengan penataan yang bersih dan aman. Kami sangat mendukung, dengan digitalisasi maka akan rapi dan teratur. Sehingga efektif bagi masyarakat dan nyaman saat berbelanja," jelasnya.

Baca juga: Giat Sego Rongewu Episode 3 Seri 5 di Kelurahan Beringin Kecamatan Sambikerep

Lanjut Bambang, Pasar buah Tanjungsari ini merupakan pasar yang bermanfaat bagi masyarakat. Karena nutrisi dalam buah sangat bagus untuk dikonsumsi.

"Harapannya, masyarakat di wilayah Asemrowo khususnya dan masyarakat Surabaya maupun di luar Surabaya pada umumnya. Bisa berbelanja di Pasar Buah Tanjungsari," tutupnya.(AD1)

Editor : hadi

Peristiwa
Berita Terpopuler
Berita Terbaru