Peringati Hari Pahlawan Bersama Forkopimcam dan Para Seni Budaya Sunda

abadinews.id
Tampak foto bersama Abah Alam serta Camat Buahdua Tono Suhartono. S.P.M.M. M.B.A., serta salah satu artis Paramita Rosadi

Sumedang, Abadinews.id - Kegiatan Upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional sekaligus silahturahmi para pejuang veteran dan syukuran bersama serta menampilkan hiburan rakyat berupa kesenian Daerah yang dihadiri oleh LVRI Kabupaten, Kecamatan, Forkopimcam Buahdua, Kepala Dinas Kominfo Dr. Rd. Iwa Kuswaeri., Kabid Kominfo, Ketua Karang Taruna Provinsi Jawa Barat, Mayjen. TNI (PURN) Saurip Kadi.

Kolonel (PURN) H. Surachman, S.Ip., AA Komar., Yaya Widarya., Ketua Forum Pendekar Pencak Silat Indonesia, Abah Alam, H. Deden Kusmayadi., para pendekar-pendekar Sumedang, Ki Petir., Ki Kebo Kenongo., Suwandi Bi Kromo Prawiro., Sakiah Hendra. CHT. CI., Abah Guriang., Asep Riyadi Gelap Nyawang Nusantara., tokoh-tokoh masyarakat, Ormas maupun LSM, acara tersebut pada hari Rabu (10/11) yang dimulai dari pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB dilapangan Darongdong Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Kasrem 084/BJ Pimpin Upacara di Hari Pahlawan ke-78

Sambutan oleh ketua panitia Dr. Rd. Iwa Kuswaeri., Camat Buahdua, Tono Suhartono. S.P.M.M. M.B.A., Danramil 1008 Buahdua, Kapten. Inf. Lilo Witjaksono, Kapolsek Buahdua AKP. Sutrisno., Ketua Veteran LVRI, Ketua Karang Taruna Provinsi Jabar, H. Subhan Daragana., Dewan Pendekar, Moch Kahfi Nurdiman., Majelis Adat Sunda, Rd. M. Ari Mulia Subagja., Mayjen. TNI (purn). Saurip Kadi.

Dalam sambutannya ketua panitia yang juga merupakan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sumedang, Dr. Iwa Kuswaeri., menyampaikan, "Marilah bersama-sama kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan yang maha Esa, atas kehendaknyalah pada hari ini ditempat ini lapangan Darongdong Kecamatan Buahdua, yang menyimpan sejarah panjang perjuangan bangsa yang patut dibanggakan.

Kita dapat berkumpul bersatu untuk menyerukan semangat spirit patriotik perjuangan, dalam rangka turut memperingati hari Pahlawan ke 76 Tahun 2021, dengan tema Nasional "Pahlawanku inspirasiku," alhamdulillah atas kerjasama dari berbagai pihak kita dapat menyelenggarakan kegiatan ini sebagai sumbangsih kami untuk para veteran dan menghormati jasa-jasa perjuangannya.

Hadirin yang kami hormati, karena hal itulah menggugah kami untuk kembali bersatu bangkit dari keterpurukan terlebih hampir diseluruh Dunia mendapat musibah pandemi Covid-19, akan tetapi saat ini sudah waktunya kita bangkit bersama dengan mengambil spirit, "Implementasi semangat juang, jiwa patriotisme nilai-nilai kepahlawanan para pahlawan dalam mempertahankan tanah air, serta kelestarian sumber daya alam melalui festival konservasi."

Baca juga: Polres Gresik di Hari Pahlawan Ziarah ke TMP

Dan acara ini terselenggara atas kerjasama dari berbagai pihak yang di inisiasi oleh kewargian lingkar alam dan juga berbagai pihak, baik pusat maupun daerah khususnya masyarakat Kecamatan Buahdua dengan berbagai rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan.

"Mayjen (Purn) Saurip Kadi., menyampaikan atas nama penyelenggara mengucapkan banyak-banyak terima kasih yang tak terhingga juga kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini, dan kami berharap hal seperti ini dapat berlangsung setiap tahun di hari Pahlawan, sehingga tidak hanya memperingati tetapi dapat menjadi aset yang berharga dan lapangan Darongdong ini yang penuh dengan sejarah ini dapat dijadikan sebagai zona wisata sejarah Darongdong di Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang," terangnya.

Lanjut Camat Buahdua Tono Suhartono. S.P.M.M. M.B.A., menambahkan, "Saya Tono Suhartono atas nama Forkopimcam Buahdua, berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua tokoh Buahdua, atas prakarsa terutama Abah Alam dan Doktor Iwa Budayawan telah memprakarsain orang-orang tua kita LVRI dan semua pihak yang sudah membantu dalam terselenggaranya kegaiatan ini.

Baca juga: Polres Gresik Peringati Hari Pahlawan 10 November ke-78

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November tahun 2021, yang dilaksanakan di lapangan sejarah Darongdong ini, dengan tema kegiatan silahturahmi para veteran baik tingkat pusat maupun Kabupaten, hadir Mayjen (Purna) Saurip Kadi termasuk rekan Keraton Solo, Majapahit, Surakarta, Mangkunegara dari luar Provinsi juga turut menghadiri dalam kegiatan acara ini.

saya sangat berterima kasih sekali atas nama warga Buahdua, karena kami sangat berbahagia sekali dan bahwa dilapangan sejarah ini pada tahun 1949 menurut sejarah orang tua kita dulu selama satu tahun disini, Kodam Siliwangi yang hijrah dari Jogja bertempat dan bermarkas di lapangan Darongdong Kecamatan Buahdua ini, sebelum pergi ke Bandung karena waktu itu Bandung Lautan Api.

Karena itu yang biasanya tiap tahun kita selalu menyelenggarakan napak tilas yang di prakarsai oleh Kodam Siliwangi, dan untuk tahun kemarin karena Covid-19 kita tidak melaksanakan. Pada hari Pahlawan ini dilaksanakan acara kegiatan ini yang di prakarsai oleh semua pihak, semoga kebaikannya semua diterima oleh Allah SWT, dan juga makna dari acara ini khususnya kami warga Buahdua, berharap kepada para generasi muda bisa membangkitkan semangat untuk melestarikan dengan kegiatan yang positif disini dan merasa bangga dan mencintai atas peninggalan sejarah para pejuang dan selalu menghormati para pendahulu kita yang telah meneteskan titik darah penghabisannya untuk kemerdekaan Negara Republik Indonesia," pungkasnya. (ris)

Editor : hadi

Peristiwa
Berita Terpopuler
Berita Terbaru