Kodim 0817/Gresik Lakukan Garjas Periode ll, Jaga Kebugaran Tubuh

abadinews.id
Prajurit TNI AD lakukan Garjas di Kodim 0817 Gresik

GRESIK, Abadinews.id - Untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan fisik masing-masing prajurit, Kodim 0817/Gresik, menyelenggarakan Kesegaran Jasmani (Garjas) periodik II tahun 2021, dilapangan Batalyon Arhanud-8/MBC Sidoarjo Dalam pelaksanaanya, Garjas periodik ini tetap menerapkan Protokol Kesehatan sebagai prosedural penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19, Jum'at (15/10/21).

Pelaksanaan Garjas terbagi menjadi 2 sesi dimulai dari hari Kamis dan Jumat 2021, Garjas periodik merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh prajurit TNI, yang dilakukan 2 kali dalam setahunnya atau 2 periode. Dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kebugaran tubuh, sekaligus juga mengukur kemampuan fisik para prajurit.

Baca juga: Pererat Silaturahmi dengan Rakyat, TNI Gelar Bhakti Kesehatan Massal

Kesegaran jasmani ini meliputi tes kesegaran A berupa lari dengan waktu 12 menit, dan tes kesegaran B berupa pull-up, sit-up, push-up, dan luges masing-masing berdurasi 1 menit. Serta shuttle run dengan durasi kecepatan waktu, ditambah lagi dengan ketangkasan renang dengan jarak 50 meter yang diselenggarakan di Kolam Renang Juanda, Sidoarjo.

Baca juga: Korem 084/BJ Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW 1446 H / 2024 M

Dalam hal ini Pasipers, Lettu Inf Toyib mengatakan bahwa pelaksanaan Garjas dilakukan untuk menjadi tolak ukur kemampuan prajurit walaupun bertugas di daerah territorial, dengan mempunyai tubuh yang bugar menjadi penunjang dalam melaksanakan tugas dilapangan.

Baca juga: Berbagai Instansi Bersatu saat Latihan Penanggulangan Bencana

“Sebelum melaksanakan Garjas seluruh personil telah melewati tahapan diantaranya pengecekan kesehatan, hal ini kita harus bisa menjaga dan mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan dalam melaksanakan kesegaran jasmani, terlebih para prajurit ketika bertugas diwilayah ditengah masa pandemi wajib mempunyai fisik yang prima dan tubuh yang sehat agar terhindar dari segala penyakit dan virus Covid-19,” tutupnya.(Bejo)

Editor : hadi

Peristiwa
Berita Terpopuler
Berita Terbaru