Kodim 0610 dan Polres Sumedang Gelar Giat BSMSS di Tanjungmedar

abadinews.id
Foto Dandim Kodim 0610 Sumedang bersama Kapolres Sumedang saat meninjau langsung ke lokasi pembangunan insfratuktur jalan setelah selesai kegiatan acara peresmian BSMSS

Sumedang, Abadinews.id - Peletakan batu pertama sekaligus diresmikannya Kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa Tahun 2021 oleh Dandim Letkol. Inf. Zaenal Mustofa, W.E., M.Si., Kodim 0610 Sumedang, bersama Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto S.H., S.I.K., M.P.I.C.T., M.I.S.S., juga Bupati Sumedang yang diwakilkan oleh Kadis BPMD Kabupaten Sumedang Drs. Endah, yang juga turut menghadiri dalam acara Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa ( BSMSS) yang dimulai pada pukul 08.00 WIB di Dusun Sindang Desa Tanjungwangi, Kecamatan Tanjungmedar, Provinsi Jawa Barat, Kamis ( 07/10/21).

Selain itu juga melibatkan seluruh unsur instansi Pemerintahan dan institusi Pemerintahan setempat yang turut menghadiri acara tersebut yakni Forkopimcam Tanjungmedar, Encu Nursyamsu S.I.P., Camat Tanjungmedar, Perwira staf Kodim 0610 Sumedang beserta jajaran juga seluruh Perwira staf Polres Sumedang berikut jajarannya, Tokoh Masyarakat juga Ormas Pemuda Pancasila PAC Tanjungmedar.

Baca juga: Pererat Silaturahmi dengan Rakyat, TNI Gelar Bhakti Kesehatan Massal

Dalam Program (BSMSS) ini sendiri merupakan pekerjaan Cor beton jalan sepanjang 500 meter dengan lebar 2,5 meter dan tinggi 15 cm, sekaligus dengan beton plat yang panjang 5 meter dengan lebar 1,20 cm dan tinggi 20 cm sejumlah 2 unit, bukan itu saja melainkan dengan ditambahkannya pembangunan Tembok Penahan Tanah ( TPT) sebanyak 6 unit, berikut perbaikan loneng plat beton yang panjangnya 1,5 meter dengan tinggi 50 cm sebanyak 4 unit, dan juga sasaran tambahan dalam program ini yaitu Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) sebanyak 7 unit juga pengerjaan pos kamling dengan ukuran panjang 2 meter x lebar 3 meter.

Dalam kesempatan saat Press release Dandim Kodim 0610 Sumedang, Letkol. Inf. Zaenal Mustofa S.E., M.Si., beliau menjelaskan, "Dalam kegiatan BSMSS ini merupakan salah satu perwujudan Darma Bhakti TNI (Kodam lll/Slw) atas kerjasama TNI-POLRI sebagai alat pertahanan Negara dan juga masyarakat bersama dengan instansi Pemerintah lainnya dalam membantu Program Pembangunan di Daerah sekaligus dalam upaya terus untuk memperkokoh kemanunggalan TNI dan Rakyat disetiap wilayahnya masing-masing, dan termasuk juga Kemanunggalan Prajurit TNI yang selalu bersinergi dengan Rakyat yang ada di Kabupaten Sumedang.

Dengan adanya kegiatan ini saya berharap kedepannya mudah-mudahan dengan insfratruktur yang sudah dilaksanakan dalam beberapa minggu ini yang akan selesai, semoga sangat bermanfaat sekali tentunya bagi masyarakat kemudian juga masyarakat sendiri merasa memiliki dalam perawatan jalan ini sehingga penggunaannya pun bisa sampai jangka panjang tentunya.

Baca juga: Korem 084/BJ Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW 1446 H / 2024 M

Melalui BSMSS KB Kes terpadu, Bhakti TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), serta Program lainnya yang selalu kita laksanakan di setiap wilayah merupakan amanat Undang-Undang dan benar-benar sebagai wujud komitmen dan panggilan moral TNI khususnya Kodim 0610 Sumedang dalam mendharma bhaktikan diri, demi terwujudnya masyarakat yang Aman, Adil dan Makmur serta upaya turut meringankan beban sosial rakyat, apalagi TNI tentunya menyadari bahwa rakyatlah yang sejatinya Ibu kandung TNI.

Dengan adanya pelaksanaan BSMSS tahun 2021 ini tentu harus melibatkan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat yang mempunyai peranan penting dan sangat strategis dalam membangun wilayahnya, sehingga saya yakin akan tumbuh semangat kebersamaan untuk bergotong royong dan juga kebersamaan yang tinggi dari semua komponen yang ada.

Sehingga penyelenggaraan BSMSS ini dapat berjalan lancar dan sukses, serta berhasilnya pencapaian target yang telah ditentukan, dan tanpa mengabaikan Protokol Kesehatan tentunya karena wabah pandemi virus Covid-19 ini masih belum berakhir, terangnya.

Baca juga: Berbagai Instansi Bersatu saat Latihan Penanggulangan Bencana

Selain itu dalam kesempatan yang sama Camat Tanjungmedar Encu Nursyamsu S.I.P., saat diwawancarai oleh awak media, juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Kodim 0610 Sumedang tentunya bersama Polres Sumedang juga instansi Pemerintahan yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan BSMSS tersebut.

"Dengan terselenggaranya acara BSMSS ini kami sangat berterima kasih sekali, dan semoga dengan adanya insfratruktur yang bagus dan yang tadinya tidak bisa dilalui kendaraan dengan ini menjadi gampang bagi masyarakat untuk beraktivitas sehingga sangat membantu untuk melancarkan roda perekonomian dan bantuan yang lainnya. Untuk perencanaan kami kedepannya akan bekerjasama dengan Pemerintahan Desa akan membatasi penggunaan jalan tersebut untuk dipasangi portal, agar bisa membatasi kendaraan material truck double yang bermuatan berat untuk melewatinya, dan alhamdulillah. Pengerjaan ini sudah memenuhi syarat semua dan berjalan sukses sesuai dengan yang diharapkan," tutupnya. (ris)

Editor : hadi

Peristiwa
Berita Terpopuler
Berita Terbaru