Batik Danar Hadi Gelar Talkshow Virtual Bareng IIDI Cabang Surabaya

abadinews.id
Chusnur Ismiati ketua umum GOW Kota Surabaya, ketua IIDI cabang Surabaya Santi Indra dan pimpinan cabang Batik Danar Hadi Surabaya Dedy Darmawan

Surabaya, Abadinews.id - Batik Danar Hadi membuka pameran “Living in Heritage” sebagai salah satu pelopor industri, bersama Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) cabang Surabaya memperingati Hari Batik Nasional 2021. Menggelar Talkshow virtual dengan tema “IIDI Cabang Surabaya Ikut Melestarikan Batik Indonesia” bekerjasama dengan GOW Kota Surabaya, dan KIPA Communication. Kegiatan Talkshow yang diadakan di Rumah Batik Danar Hadi Jalan Diponegoro no. 184 Surabaya, Sabtu (02/10/21).

Menghadirkan narasumber, Chusnur Ismiati, S.H., M.M. Ketua Umum GOW Kota Surabaya Materi : “Batik Sebagai Kekuatan Ekonomi Indonesia Abad 21” dan Asti Suryo Astuti, S.H., K.N. Asisten Manajer Museum Batik Danar Hadi Materi : “Pola Batik Surakarta Dalam Upacara Adat Jawa.”

Baca juga: Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya Peringati Hari Batik Nasional

Ketua IIDI Cabang Surabaya Santi Indra menuturkan, di Hari Batik Nasional 2021 ini kami mengusung konsep santai, dekat, dan interaktif serta disiarkan langsung secara virtual melalui Zoom, Instagram @iidicabangsurabaya, dan You Tube Ikatan Istri Dokter Indonesia Cabang Surabaya.

"Dengan harapan bahwa acara ini dapat menambah wawasan pengetahuan mengenai Batik Indonesia," terangnya.

Menurut Santi, Batik itu sendiri merupakan karya seni yang memiliki filosofi dan simbol-simbol serta corak yang berbeda di tiap daerah di Indonesia dan memiliki kekhasan dengan kisah-kisah dan makna yang sesuai dengan karakteristik daerahnya. Dan Batik merupakan kostum yang dikenakan raja-raja, para bangsawan atau kaum priyayi, dan para pekerja di lingkungan kerajaan.

"Batik merupakan warisan turun temurun yang telah menjadi identitas masyarakat Indonesia sejak dahulu kala. Karena itu IIDI Cabang Surabaya pun berkeinginan untuk ikut melestarikan Batik Indonesia. IIDI Cabang Surabaya ikut menghimbau masyarakat luas agar dapat memelihara budaya bangsa," jelasnya.

Diana Santosa, Managing Director PT Batik Danar Hadi memaparkan, Batik Danar Hadi selalu melakukan inovasi produk dan mengeluarkan koleksi-koleksi batik terbaru dengan terus mengikuti perkembangan fashion yang semakin modern dan masa kini.

“Batik Danar Hadi, sebagai penjaga wastra kekayaan budaya Indonesia , mampu menterfemahkan nilai-nilai luhur kearifan dalam ragam hias motif batik yang dapat terus diaplikasikan di dalam kehidupan modern saat ini," tuturnya.

Baca juga: Hari Batik Nasional, Benny Gunawan Pakai Busana Desain Vera Suraiya Fashion

Ditempat yang sama, Pimpinan Cabang Batik Danar Hadi Surabaya, Dedy Darmawan menambahkan, di pameran Batik kali ini kami merayakan ulang tahun ke-54 serta Hari Batik Nasional 2021. Kami menampilkan pameran koleksi eksklusif batik Danar Hadi hasil karya maestro Batik Indonesia, Alm Bp. H. Santosa Doellah, berupa produk wastra batik melalui proses cap dan tulis terbaik. Beliau juga mendapat penghargaan Empu Batik di Indonesia.

"Pembukaan pameran “Living in Heritage” akan dilaksanakan di Ndalem Wuryo Ningratan (House of Danar Hadi - Solo) serta dilakukan di beberapa Rumah Batik Danar Hadi yang ada di Jakarta, Surakarta, Yogyakarta, Semarang dan Surabaya selama. periode 2 - 31 Oktober 2021," tandasnya.

Acara pembukaan pameran ini rencananya akan dihadiri oleh Walikota Solo, mas Gibran Rakabuming Raka, sebagai bentuk perhatian kepada industri kreatif, batik Danar Hadi juga akan bekerjasama dengan brand fashion lokal ROWNDVSN untuk meluncurkan jaket series batik yang akan diberikan kepada tokoh muda di Solo serta akan dilakukan lelang sebagai chanty yang bertujuan untuk membantu penanganan pandemi-di Kota Solo.

Selain ini Batik Danar Hadi bekerjasama dengan IIDI, juga menampilkan peragaan busana mengenakan koleksi-koleksi Batik Danar Hadi terbaru. Peringatan Hari Batik Nasional 2021 ini sebagai suatu kegiatan untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai daftar Intagible Cultural Heritage (ICH) atau Warisan Budaya Takbenda (WBTb) oleh Unesco pada tanggal 2 Oktober 2009.

Baca juga: Luminor Hotel Jemursari Surabaya Rayakan Hari Batik Nasional Gandeng Surya Galeri dan Smamda

Danar Hadi selalu melestarikan motif tradisional Solo, sebagai motif batik asli dengan terus melakukan modifikasi dan pengembangan motif dengan memiliki resep racikan tersendiri di dalam proses dasar pembuatan malam, Pewarnaan soga serta detail motif sebagai keunggulan batik Danar Hadi yang bisa menciptakan motif batik bernilai seni tinggi. Danar Hadi berkomitmen untuk melayani masyarakat dengan menciptakan produk batik terbaik dengan ketahanan warna yang berkualitas.

Untuk menikmati pameran. “Living in Heritage’, dapat mengunjug : Ndalem Wuryo Ningratan (House of Danar Hadi — Solo) Rumah Batik Danar Hadi Radjiman — Solo Rumah Batik Danar Hadi Wuryo Ningratan — Solo Rumah Batik Danar Hadi Semarang Rumah Batik Danar Hadi Malioboro — Yogyakarta Rumah Batik Danar Hadi Surabaya Rumah Batik Danar Hadi Melawai — Jakarta.

Rumah Batik Danar Hadi Raden Saleh - Jakarta dan saat ini, koleksi batik Danar Hadi dapat diperoleh di Rumah Batik Danar Hadi (RBDH) yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Medan, Solo, Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan Balikpapan.

Batik Danar Hadi dapat dimiliki secara online di Instagram Store @danarhadi_store dan webstore kami di www.danarhadistore. co.id - Untuk dapat mengikuti perkembangan gaya dan info terkini dari Batik Danar Hadi dapat mengakses website Batik Danar Hadi www.danarhadibatik.com dan jugs mengikuti media sosial Facebook Batik Danar Hadi dan Instagram @danarhadi_id. (Bejo)

Editor : hadi

Peristiwa
Berita Terpopuler
Berita Terbaru