Siswa Dikmaba Angkatan XL/1 Pusdiktek Kodiklatal Ikuti Lattek Mesin

abadinews.id
Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XL/1 Sargolan menempuh Pusdiktek

Surabaya, Abadinews.id - Dalam rangka meningkatkan kemampuan sebagai Juru I Bintara Urusan Mesin di KRI, sebanyak 36 orang Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan XL/1 Tahap Dasar Golongan Lanjutan (Sargolan) Kejuruan Mesin yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Kodiklatal mengikuti Lattek Permesinan di Bengkel Mesin Pusdiktek Kersatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Selasa (31/08/21).

Kegiatan Lattek yang dilaksanakan selama lima hari dibuka oleh Komandan Pusdiktek Kolonel Laut (T) Muh. Syarif, S.T., M.A.P selaku Direktur Latihan dan dihadiri oleh Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Letkol Laut (T) Sungkono, A.Md. yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Sekolah Bintara Pusdiktek.

Baca juga: Ketua DPD RI Lepas Pawai Fajar 1 Muharram 1446 Hijriyah

Kegiatan Lattek Permesinan siswa Dikmaba Pusdiktek ini merupakan bagian dari proses pendidikan yang merupakan salah satu program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam membangun sumberdaya manusia TNI AL yang unggul, profesional dan tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

Komandan Pusdiktek Kolonel Laut (T) Muh. Syarif, S.T., M.A.P dalam amanatnya menyampaikan bahwa tujuan dari Lattek ini adalah untuk membekali para siswa dengan mata pelajaran Lattek Permesinan, agar memiliki keterampilan tentang pengoperasian, pemeliharaan dan perawatan permesinan, sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan TNI/TNI Angkatan Laut sebagai Juru I Bintara Urusan Mesin di KRI.

Baca juga: Kaskoarmada ll Buka Sosialisasi Lapor SPT Tahunan di Mako

Sedangkan sasaran Lattek yaitu mampu mengoperasikan mesin diesel sesuai prosedur dengan baik dan benar, memahami cara mengatasi gangguan yang terjadi dengan baik dan benar, dan melaksanakan pemeliharaan dan perawatan permesinan dengan baik dan benar.

Menurutnya dalam pelaksanaan Lattek ini para siswa akan mempelajari berbagai materi Permesinan antara lain pengoperasian permesinan, bongkar pasang dan pembuatan packing, Trouble shooting serta pemeliharaan dan perawatan. Selesai mengikuti Lattek ini diharapkan siswa mampu melaksanakan tugas-tugas yang berkaitan dengan permesinan dengan baik dan benar, sehingga diharapkan bisa menjadi prajurit TNI AL yang unggul, profesional dan modern sesuai bidang tugas teknik permesinan.

Baca juga: Peringati HUT ke-78 TNI AL, Lanal Banyuwangi Gelar Prokasih

Selain itu juga disampaikan melihat situasi kondisi saat ini khususnya dimasa Pandemi Covid-19 ini proses pembelajaran yang dilaksanakan di Kodiklatal harus tetap terlaksana dengan baik agar bekal pengetahuan dan keterampilan yang diberikan kepada siswa bisa optimal.

Oleh sebab itu protokol kesehatan untuk mencegah tertularnya Covid-19 harus ditaati dengan disiplin yaitu memakai masker selama kegiatan lattek berlangsung dan juga pada setiap kegiatan apapun yang dilaksanakan oleh siswa, mencuci tangan sesering mungkin baik sebelum Lattek maupun sesudah Lattek, menjaga jarak selama kegiatan latihan, menghidari kerumunan seoptimal mungkin dan membatasi mobilitas untuk menghindari terpapar Virus Covid-19. (Bejo)

Editor : hadi

Peristiwa
Berita Terpopuler
Berita Terbaru