TNI AL Ubah Gedung Sekesal Kodiklatal untuk Penanganan Pasien Covid-19

abadinews.id
Gedung Sekesal Kodiklatal diubah untuk penanganan pasien Covid-19

Surabaya, Abadinews.id - Usai sudah proses perbaikan Gedung Sekolah Kesehatan TNI AL (Sekesal) yang berada di Kompleks RSPAL dr. Ramelan Surabaya. Gedung yang terdiri dari dua lantai tersebut, dialihfungsikan menjadi tempat penanganan pasien Covid-19, baik yang memerlukan perawatan medis maupun yang hanya sekedar menjalani isolasi, Kamis (19/08/21).

Sementara itu, untuk kegiatan belajar siswa Sekesal masih dilaksanakan secara online dan apabila perlu dilaksanakan tatap muka atau praktikum dilaksanakan di Pusat Pendidikan Kesahatan (Pusdikkes) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) yang berlokasi di Bumimoro, Surabaya.

Baca juga: Danlantamal V Dampingi Wakasal Buka Kejurnas Grasstrack Junior Motorcross Supertrack Championship Piala Kasal Cup 2023

Dengan alih fungsi gedung tersebut diharapkan menjadi salah satu tempat rujukan perawatan pasien Covid-19 akibat meningkatnya jumlah pasien Covid-19. Gedung Sekesal Surabaya terdiri dari dua lantai dan memiliki luas 3.200 meter persegi. Renovasi yang dilakukan terkait penyiapan 800 tempat tidur yang dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung seperti kamar mandi, WC, ruang tenaga kesehatan, tempat berjemur, Wifi, ruangan bertekanan negatif, dan ambulans.

Penyiapan Gedung Sekesal Surabaya ini sesuai dengan perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan di masa Pandemi Covid-19 yaitu dengan menjadikan Sekesal sebagai tempat perawatan bagi pasien Covid-19 di Surabaya.

Baca juga: Jelang HUT ke-17 Rumkital Dr. Oepomo Gelar Berbagai Lomba

Penyiapan Gedung Sekesal yang terletak di sisi utara Gedung Penanganan Infeksi Terpadu (Pinter) tersebut dilaksanakan secara bersama-sama dengan RSPAL Dr. Ramelan. Dalam waktu dekat ini, akan diresmikan oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Penyiapan Sekesal ini cukup penting dalam rangka penanganan Covid-19 karena jumlah masyarakat yang terpapar virus Corona masih tinggi, yaitu sekitar 15.000 perhari. Namun demikian, angka kesembuhan juga cukup tinggi yaitu sekitar 3.500 orang.

Baca juga: Semangat Pantang Menyerah: Danlantamal V Beri Motivasi Keluarga Besar Lantamal V

RSPAL dr. Ramelan merupakan rumah sakit rujukan utama untuk satuan-satuan TNI di Wilayah Indonesia Timur untuk semua kasus kesehatan. RSPAL dr. Ramelan mempersiapkan langkah-langkah strategis untuk menjamin pelayanan kesehatan setelah ditunjuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan penangan Covid-19. (AD1)

Editor : hadi

Peristiwa
Berita Terpopuler
Berita Terbaru