MEDSPIN FK Unair Memasuki Babak Penyisihan

abadinews.id
Babak penyisihan MEDSPIN

Surabaya - Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga telah melaksanakan kegiatan rutin tahunan yaitu MEDSPIN (International Medical Science and Application Competition). MEDSPIN adalah lomba sains kedokteran terbesar se-Indonesia. Hal ini dibuktikan secara kontinu lebih dari 17.500 peserta setiap tahunnya dan diharapkan tahun ini dapat mempertahankan angka lebih dari 17.500 peserta.

Pelaksanaan olimpiade MEDSPIN 2019 terdiri atas 6 babak, yaitu babak penyisihan, quarter final, semi final, babak revival, babak final, dan grand final. Babak penyisihan dilaksanakan pada hari ini secara offline di 27 kota di Indonesia dan secara online di 34 provinsi di seluruh Indonesia serta di negara-negara ASEAN.  

Hari ini merupakan hari pertama babak penyisihan MEDSPIN 2019 . Babak penyisihan  region Surabaya dilaksanakan di Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga . Acara dimulai 7.30 WIB dimana terdapat ceck point/titik kumpul peserta sesuai urutan nomor peserta . Babak Penyisihan dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia tepat pukul 09.00 WIB .  

Pada wilayah Region Pusat yaitu Surabaya juga terdapat beberapa acara yang menarik  siswa  SMA dan sederajat untuk mengetahui lebih detail bagaimana kehidupan sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran dan menjadi sebuah ajang hiburan bagi peserta MEDSPIN . Acara yang diadakan panitia pertama ada explore anatomi, acara ini merupakan salah satu kegiatan unggulan yang ada di MEDSPIN 2019. Pada kegiatan ini, peserta dapat memasuki ruang anatomi FK UNAIR dan melihat beberapa sediaan organ, selain itu para peserta juga mendapat penjelasan dari mahasiswa FK UNAIR mengenai organ tersebut. Selanjutnya ada explore histologi, pada kegiatan ini, para peserta dapat melihat sediaan preparat histologi yang dimiliki oleh Departemen Anatomi dan Histologi FK UNAIR.

Dan, yang tidak kalah menarik yaitu FK Hunter, pada kegiatan ini, peserta diberikann beberapaa ilmu yang berhubungan dengan kedokteran, salah satunya terdapat pos yang menjelaskan pada peserta mengenai Basic Life Support. Terakhir adalah acara Med On Screen ( MOS ) yaitu penayangan film LION KING untuk hiburan para peserta setelah mengerjakan soal soal MEDSPIN 2019. 

Pada babak penyisihan ini, panitia hanya akan mengambil 150 tim dari total seluruh tim yang ada. Sebanyak 150 tim yang lolos dari babak penyisihan oimpiade MEDSPIN akan diundang ke Surabaya untuk mengikuti babak Quarter Final. Pelaksanaan babak ini dilakukan dengan cukup unik yaitu dalam bentuk “ Essay Rally ”, dimana peserta akan mengerjakan soal di 30 pos yang tersebar di seluruh wilayah Fakultas Kedokteran Universitas  Airlangga  dalam durasi waktu selama 150 menit. Seminar Guru juga di adakan untuk para guru pendamping yang menemani siswa pada babak Quarter Final. Selain itu, peserta juga dapat mengenal lebih dalam tentang dunia kedokteran dengan mengikuti Tour de Campus FK Unair dan belajar anatomi dasar di ruang praktikum anatomi dalam sesi “Explore Anatomy”.

Babak Quarter Final akan dilanjutkan dengan babak Semifinal dan Final. Pada babak Semifinal dan Final, level kompetisi meningkat dengan adanya case study dan praktikum medik. Peserta yang tidak lolos babak final dapat mengikuti rangkaian kegiatan Muter-Muter Suroboyo. Kegiatan ini akan membawa peserta untuk berkeliling Kota Surabaya yang bertujuan untuk mengenalkan Kota Surabaya kepada peserta MEDSPIN, khususnya kepada peserta yang berdomisili di luar Surabaya. Bagi grandfinalis olimpiade akan masuk kebabak akhir berupa evidence based learning dan cerdas cermat untuk menentukan juara dari MEDSPIN 2019. (*)

Editor : Redaksi

Peristiwa
Berita Terpopuler
Berita Terbaru