Perhutani KPH Banyuwangi Barat Beri Pembinaan OSIS MTSN 3

abadinews.id
Siswa MTSN 3 Banyuwangi diberikan edukasi terkait hutan Wisata Kalisawah

Abadinews.id, Banyuwangi Barat - Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Barat memberikan pembinaan kepada OSIS MTSN 3 Banyuwangi di Hutan Wisata Kalisawah Adventure Songgon Banyuwangi, pada Senin (11/02).

Polisi Hutan RPH Bayu bernama Rohman ini sangat luar biasa, ditengah kesibukannya melakukan patroli keamanan hutan masih menyempatkan diri untuk melakukan pembinaan kepada para generasi muda penerus bangsa, agar tertanam didada mereka jiwa jiwa yang peduli dengan lingkungan alam yaitu hutan.

Baca juga: Perhutani KPH Banyuwangi Barat di Hari Bhayangkara ke-78 Jadi Juri Lomba Sangrai Kopi

Rohman mengatakan, Saya selalu rutin patroli di wilayah kerja saya yaitu hutan di RPH Bayu, ketika saya patroli ternyata ada kegiatan perkemahan OSIS MTSN 3 Banyuwangi di Hutan Wisata Kalisawah Adventure.

“Sekalian saja saya minta waktu pada guru Pembinanya untuk memberikan materi tentang kehutanan, betapa pentingnya hutan untuk mahluk hidup serta pengenalan tanaman pinus dan manfaat yang dirasakan masyarakat disekitar hutan yaitu pada penyadap getah Pinus,” tuturnya.

Baca juga: Perhutani KPH Banyuwangi Barat Dukung Penelitian Mahasiswa Universitas Brawijaya

Getah pinus diolah menjadi gondorukem dan terpenting kegunaanya manjadi bahan industri, masyarakat juga bisa memanfaatkan lahan dibawah tegakan untuk ditanami jahe, kunyit bahkan bisa memanfaatkan buah durian atau manggis yang ada dihutan, jelasnya.

Sementara itu ditempat terpisah Pengelola Kalisawah Adventure, Budi menyampaikan sinergitas antara Kalisawah dan Perhutani bukan hanya membawa kebermanfaatan terkait dengan optimalisasi potensi ekonomi.

Baca juga: Perhutani KPH Banyuwangi Barat Berbagi di Jum'at Berkah

Kalisawah juga mempunyai program wisata edukasi selain paket program rafting, outbound dan camping kalisawah memberikan paket wisata edukasi pengenalan, pelestarian dan pemanfaatan hutan dimana ini program kerjasama antara kalisawah dan perhutani, program edukasi ini memberikan bekal dan wawasan langsung bagi generasi muda terutama siswa-siswi sekolah untuk mengenal dan mempraktekkan langsung bagaimana kita mengenal hutan, melestarikan dan memanfaatkannya untuk kehidupan kita. (4U)

Editor : hadi

Peristiwa
Berita Terpopuler
Berita Terbaru