Perhutani KPH Banyuwangi Barat Lakukan Penanaman Bersama Pemdes Bayu dan Pramuka

abadinews.id
Perhutani KPH Banyuwangi Barat tanam pohon bersama Pramuka dan Pemdes Bayu

Abadinews.id, Banyuwangi Barat - Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Barat bersama Pemdes Bayu dan Pangkalan Saka Wanabakti Wong Agung Wilis lakukan penanaman tanaman kehutanan di Wana Wisata Rowo Bayu, Sabtu (10/02/24).

Personel yang mengikuti kegiatan ini adalah Asper Rogojampi, KSS Hukum, KRPH dan Polhut Bayu, Ketua dan anggota Pangkalan Saka Wanabakti Wong Agung Wilis KPH Banyuwangi Barat dan Pangkalan Saka Wanabakti Rempeg Jogopati KPH Banyuwangi Utara, tanaman kehutanan yang ditanam dengan jenis Mahoni sebanyak 250 pohon dan dilakukan secara simbolis dan bertahap.

Baca juga: Perhutani KPH Banyuwangi Barat di Hari Bhayangkara ke-78 Jadi Juri Lomba Sangrai Kopi

Mewakili Adm/KKPH Banyuwangi Barat, KSS Hukum Eko Hadi mengatakan, Menyampaikan pesan Adm Banyuwangi Barat kegiatan penanaman bersama ini harapannya adalah membangun generasi muda yang cinta hutan, generasi muda yang sejak dini melalui Saka Wanabakti diharapkan nanti banyak tumbuh generasi muda yang cinta hutan sehingga kedepan hutan makin Lestari dan dapat berfungsi baik secara ekologi, sosial dan ekonomi.

“Kami harapkan Saka Wanabakti tidak hanya piawai dan hebat dalam ilmu kehutanan yang diajarkan Pembina, Pamong ataupun Instruktus Saka, tapi juga bisa menanam tanaman kehutanan dan juga merawatnya,” tuturnya.

Asper Rogojampi Nova Aleksandra menegaskan, Saka Wanabakti diharapkan menjadi garda terdepan dalam kelestarian alam melalui kegiatan penanaman bersama ini.

Baca juga: Perhutani KPH Banyuwangi Barat Dukung Penelitian Mahasiswa Universitas Brawijaya

“Kegiatan penanaman bersama berikutnya akan diarahkan ke Petak 11 RPH Bayu di Plantaran, semoga menjadi berkah dan menjadi ladang ibadah kita semua,’’ jelasnya.

Kepala Resort Polisi Hutan (KRPH) Bayu, Adi Jo juga mengatakan, Saka Wanabakti harus menjadi pelopor dalam setiap kegiatan Pengelolaan Hutan yang dilakkukan Perhutani sebagai agen linkungan hidup yang hebat sesuai dengan tagline KPH Banyuwangi Barat : TOP, Trengginas, Optimis jadi Pemenang.

Rohman Polhut RPH Bayu berpesan, Dalam kegiatan kemah dan penanaman dalam Kawasan hutan Rowo Bayu harus lebih berhati hati mengingat situasi alam yang tidak menentu agar kegiatan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Baca juga: Perhutani KPH Banyuwangi Barat Berbagi di Jum'at Berkah

Mewakili Kades Bayu Tanti berkata, “Ini sebagai bentuk sinergitas yang baik dari semua multi stake holder sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa bermanfaat bagi lingkungan dan semoga kedepan lebih ditingkatkan lebih baik.”

Ketua Saka Wanabakti Wong Agung Wilis Hengky Firmansyah mengatakan, “Terimakasih kepada Perhutani atas terselenggaranya acara ini, semoga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik kedepannya sebagai bentuk program yang berkelanjutan.” (4U)

Editor : hadi

Peristiwa
Berita Terpopuler
Berita Terbaru