Danlanal Cilacap Serahkan Artefak Amunisi Eks Kapal USS Langley ke Museum Soesilo Soedarman

abadinews.id
Danlanal Cilacap Kolonel Laut (P) Bambang Subeno serahkan artefak amunisi ke museum Soesilo Soedarman

Abadinews.id, Surabaya - Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Cilacap Kolonel Laut (P) Bambang Subeno menyerahkan Artefak Amunisi eks Kapal USS Langley CVN-1 kepada Ketua Dewan Kurator Museum Soesilo Soedarman, Prof. Indroyono Soesilo secara simbolis di Museum Soesilo Soedarman, Cilacap. Sabtu (12/08).

Artefak amunisi tersebut diantaranya peluru senapan mesin kaliber 12.7 mm, peluru kaliber 7.62 mm dan peluru kaliber 9.00 mm yang ditemukan di Alur Perairan Cilacap pada bulan Juli lalu oleh Lanal Cilacap bersama Pusat Komado Pasukan Katak (Puskopaska) TNI AL. Benda tersebut diduga berasal dari kapal induk milik Angkatan Laut Amerika Serikat USS Langley CVN-1 yang ditenggelamkan pada Perang Dunia II.

Baca juga: Ketua DPD RI Lepas Pawai Fajar 1 Muharram 1446 Hijriyah

Danlanal Cilacap menyampaikan bahwa selain menambah koleksi museum, temuan artefak ini sebagai rujukan sejarah perang laut di Wilayah perairan Cilacap agar lebih diketahui oleh masyarakat luas.

Baca juga: Kaskoarmada ll Buka Sosialisasi Lapor SPT Tahunan di Mako

Dikesempatan yang sama, Dewan Kurator Museum Soesilo Soedarman, Prof Indroyono menyambut baik penyerahan artefak kapal induk AS USS Langley karena mengingat museum ini merupakan satu-satunya tempat di Kabupaten Cilacap yang memiliki nilai kesejarahan militer tinggi.

Baca juga: Peringati HUT ke-78 TNI AL, Lanal Banyuwangi Gelar Prokasih

"Harapan saya pemerintah Indonesia dapat menginformasikan kepada pemerintah AS terkait keberadaan koordinat kapal induk di dasar perairan Cilacap yang diduga USS Langley," terang Dewan Kurator Museum Soesilo Soedarman.(4U)

Editor : hadi

Peristiwa
Berita Terpopuler
Berita Terbaru